Stefano Lilipaly, Nomor 10 Yang Tak Tergantikan

Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar Asian Games 2018, dengan status sebagai juara Grup A. Mereka mampu menumbangkan Cina Taipei, Laos dan kemudian Hong Kong.

Kesempurnaan poin yang gagal dikumpulkan Indonesia dari fase grup hanya karena kalah dari Palestina, 2-1. Namun, pada laga itu, ada pemain yang kembali menarik perhatian lebih.

Sosok tersebut lagi-lagi adalah Stefano Lilipaly, gelandang berdarah Belanda yang secara tak terduga dijadikan Luis Milla sebagai striker tunggal. Meski memang, hasilnya tidak maksimal pada laga itu.

Lilipaly terlalu sibuk menjemput bola, ia sendiri mengaku kesulitan menjalankan peran barunya tersebut. Permainan Indonesia pun kembali membaik ketika Fano dikembalikan ke posisi nomor 10.

360 menit yang dicatatkan pemain milik Bali United itu menegaskan bahwa ia tak tergantikan. Peran nomor 10, atau gelandang serang, bisa dinikmatinya bersama Garuda Muda dengan kontribusi nyata.

Tiga gol dan empat assist selama fase grup dibukukan Fano, melewati pencapaian Septian David Maulana ketika menjadi gelandang paling kontributif di bawah arahan Milla, pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur.

Dua assist dan tiga gol yang dicatatkan Septian pada SEAG kemarin juga digapai dari 548 menit penampilan, atau menit bermain lebih banyak dari Fano sejauh ini.

Posisi nomor 10 yang diperankan Fano layaknya jimat bagi formula Milla, yang selalu diandalkan untuk bisa memecah kebuntuan dan punya peran vital dalam membangun serangan tim.

Tenaga yang terkuras selama fase grup karena tak tergantikan di setiap pertandingan, diharapkan tak membuat Fano gagal maksimal untuk laga melawan Uni Emirat Arab, Jumat (24/8) besok, di Stadion Wibawa Mukti.

“Saya sudah fit, dan saya optimistis bisa menang. Semoga tim selalu solid dan bermain dengan hati,” kata mantan pemain Almere City tersebut.

“Tidak hanya 11 pemain yang ada di lapangan, tapi semua pemain di tim juga penting dan punya peran,” sambung Fano merendah, tentang peran pentingnya dala pencapaian Indonesia sejauh ini.