Semen Padang Bakal Serius Meladeni Timnas Indonesia U-19

Semen Padang bakal mendapat lawan sepadan di tengah jadwal kompetisi Liga 2 yang terhenti karena pelaksanaan Asian Games 2018.

Lawan yang bakal dihadapi dalam laga uji coba itu adalah Timnas Indonesia U-19 yang akan ambil bagian di Piala AFC U-19 2018 yang dihelat pada18 Oktober-4 hingga 4 November 2018 di Indonesia. Laga kedua tim digelar di Stadion H. Agus Salim, Padang, Sabtu (25/8/2018).

PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) selaku pengelola klub Semen Padang melalui CEO Rinold Thamrin mengatakan uji coba nanti sangat bermanfaat bukan saja untuk Semen Padang, namun juga Timnas Indonesia U-19.

“Yang jelas skema internal game akan kami lakukan pada uji coba nanti. Pertandingan nanti sangat bermanfaat. Pasalnya, libur kompetisi bakal berlangsung sampai 5 September 2018. Kami ingin kembali mendapatkan semangat kompetisi pada uji coba nanti,” ujar Rinold.

Ia menambahkan saat ini Semen Padang dalam kondisi siap bertanding. Meski dalam suasaa libur kompetisi sekali pun, persiapan terus dilakukan dengan menggelar latihan rutin.

“Kami inginkan tim tetap siap menghadapi pertandingan. Harapan kami, tim yang saat ini on the track semakin padu, meski saat libur kompetisi seperti sekarang, dan pada uji coba dengan Timnas U-19 nanti,” imbuhnya.

Rinold mengungkapkan pihaknya yang mengajak tim asuhan Indra Sjafri itu untuk uji coba di Padang sekaligus digunakan sebagai bagian dari seleksi bagi Timnas Indonesia U-19.

“Informasi yang kami dapatkan, ada beberapa pemain baru yang akan mengikuti seleksi. Mudah-mudahan buat mereka (Timnas U-19) juga berdampak positif. Apalagi kabarnya beberapa waktu belakangan ini Timnas U-19 tidak mendapatkan lawan tanding yang sepadan. Uji coba ini intinya saling membantu, baik bagi mereka maupun kami dalam mempersiapkan tim,” ujar Rinold.

Ia menekankan, seluruh pemain tim Kabau Sirah akan serius pada uji coba nanti, sebab kesempatan beruji coba dengan Timnas Indonesia U-19 tidak mudah diperoleh.

“Buat kami jelas, dengan keseriusan akan mendapatkan lagi level permainan mengingat seusai Piala Indonesia kemarin, kompetisi terhenti. Kalau tidak dilakukan pertandingan, ditakutkan siklus permainan menurun. Harapan kami laga nanti bisa membangkitkan lagi spirit bertanding dan suasana kompetisi,” tutur Rinold.

Menyangkut apakah Timnas Indonesia U-19 merupakan lawan sebanding Semen Padang, Rinold menilai hal itu relatif. Pasalnya, jika melihat dari materi pemain yang dimiliki Tim Garuda Nusantara saat ini, bisa dikatakan kualitasnya sangat bagus, karena sebagian besar bermain di Liga 1.

“Yang kami coba saat laga nanti adalah skema permainan. Kami melihat skema yang diterapkan Indra Sjafri cukup menarik dalam setiap laga mereka. Apakah skema itu bisa kami redam atau tidak. Hal ini sangat penting, karena untuk menuju Liga 1, kami harus mendapatkan lawan sepadan dan menemukan skema permainan yang pas. Insya Allah kalau kami bisa redam skema permainan mereka, kemungkinan besar kita siap bermain di Liga 1,” kata Rinold.

Menurut informasi dari media officer Semen Padang, Ronny Putra, rombongan Timnas Indonesia U-19 sampai di Padang, Kamis (23/8/2018), dengan berkekuatan 28 pemain plus 12 ofisial. “Pada sore harinya mereka langsung melakukan uji coba lapangan pertandingan,” tambah Ronny.