Ini Syarat Wajib Bagi Calon Pelatih Persebaya

Mencari pelatih baru rupanya bukan perkara mudah bagi Persebaya Surabaya. Persebaya harus mendapatkan pelatih yang tepat. Sosok yang sangat paham bagaimana cara bermain dan karakter permainan tim Green Force.

Menurut mantan striker Persebaya, Yusuf Ekodono, pelatih nantinya harus mempunyai satu syarat wajib yakni tahu, mengerti, serta paham tim seharusnya bermain. “Pelatih yang mengerti karakter Persebaya, Arek Suroboyo dan Bonek. Persebaya yang saya tahu memiliki karakter ngotot, ngeyel, dan bermain agresif,” ucap mantan penyerang Persebaya ketika menjuarai Liga Indonesia 1997, Sabtu (18/8) pagi WIB.

Menurut eks penyerang Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu, Persebaya memiliki basis pendukung yang sangat fanatik, yakni Bonek. Mereka rela mati untuk Persebaya. Oleh karena itu, Persebaya harus bisa menjawab ekspektasi suporter setianya.

“Suporter ingin setiap lawan Persebaya tidak diberi kesempatan sedikit pun untuk menguasai bola. Itulah yang diharapkan dari sosok pelatih Persebaya nanti,” imbuh ayah kandung gelandang Persebaya, Fandi Eko Utomo itu.

Yusuf menambahkan, Persebaya harus segera mencari pelatih anyar. Sebab Persebaya tidak boleh terlalu banyak istirahat untuk pertandingan berikutnya. Apalagi Green Force masih terseok-seok di papan bawah.

“Sudah menjadi tugas manajemen mencari pelatih yang cocok untuk menangani Persebaya. Di Surabaya sendiri ada banyak pelatih berlisensi A AFC. Tergantung manajemen untuk memilih siapa yang pantas dan cocok untuk Persebaya,” tutupnya.