Antisipasi Star Syndrome, Psikolog Timnas U-16 Punya Kiat Jitu

Popularitas penggawa Timnas Indonesia U-16 memang semakin menanjak. Mereka terus digilai oleh masyarakat luas.

Hal ini tak lepas dari torehan prestasi Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2018 beberapa waktu lalu. Memang selepas hasil ini nama penggawa Timnas Indonesia U-16 semakin meroket.

Bahkan banyak dari mereka yang mendapat sambutan hangat saat kembali ke rumah masing-masing. Bahkan terkadang mereka harus dikawal untuk sekadar keluar rumah.

Hal ini tentu bagaikan dua sisi mata uang. Satu sisi popularitas yang berlebihan akan mengancam karier mereka. Sebab banyak pendahulunya yang justru tenggelam pasca menjadi bintang.

Tak mau hal ini terjadi, Psikolog Timnas Indonesia U-16, Laksmiari Saraswati Widodo memiliki kiat khusus bersama jajaran pelatih Timnas U-16.

“Antisipasinya lebih ke sistem bagaimana sistem yang telah disusun coach Fakhri menjaga itu semua. Seperti pembatasan jam hape lalu jam tidur dll,” ucap perempuan yang kerap disapa Asti ini kepada INDOSPORT.

Namun Asti menegaskan dirinya memang tak bisa membendung popularitas yang didapat anak-anaknya. Tetapi Asti yakin anak-anaknya bisa menjaga hal itu semua.

“Yang jadi star sindrome karena mereka tidak bisa mengelola popularitas tersebut. Tapi kita tak bisa membendung popularitas, yang harus kita lakukan adalah mengelola sistem dengan bijaksana itu saja,” tutup dia.