Main di AFC 2018, Kiper Timnas U-16 Ernando Waspadai Iran

Ernando Ari Sutaryadi, kiper yang menjadi pahlawan kemenangan timnas Indonesia pada piala AFF U-16 mengaku sudah yakin terlebih dahulu sebelum sukses menepis tendangan penalti Pemain Thailand, Pongsakorn Innet. Dirinya mengatakan sudah memprediksi kemana tendangan mengarah.

“Yakin, saya sudah prediksi ke mana bola ditendang dan melesat,” ujar pemain kelahiran 27 Februari 2002 yang akrab disapa Nando ini saat dijumpai di Balai Kota Semarang, Senin (13/8).

Pemain binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Tengah tersebut mengungkap bahwa beban pada sebuah laga adu penalti bukan terletak di kiper. Melainkan penendang bola itu sendiri.

“Beban itu di penendang. Kita kiper sesuai arahan pelatih itu tugasnya cuma bikin mereka grogi,” sambungnya lagi.

Seperti diketahui, pada laga final kontra Thailand yang harus dilanjutkan dengan adu penalti, Nando sukses menepis tendangan Apide Janngam juga Pongsakorn Innet dimana masing-masing mengarah ke kanan gawang. Penampilan siswa SMA 11 Semarang itu pun secara keseluruhan terbilang menawan. Hingga penghujung kompetisi, ia hanya kebobolan empat kali dari total tujuh laga.

Keberhasilannya pada turnamen yang baru berakhir Sabtu (11/8) kemarin itu pun membuatnya diundang Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Ia bersama dua rekannya, yakni striker Amiruddin Bagus Kahfi Alfikri atau Bagus Kahfi dan Bek Kartika Vedhayanto menjadi tamu terhormat di Balai Kota Semarang.

Menghadapi piala AFC 2018 yang digelar September mendatang, Nando pun mengklaim dirinya beserta punggawa lainnya telah siap berlatih kembali. Ditanya soal perbedaan atmosfer stadion lantaran lokasi pertandingan keseluruhan digelar di Malaysia, Nando bilang tak masalah.

“AFF itu batu loncatan, kami kan TC-nya (training center) juga di Kopassus. Jadi kami sudah siap mental, termasuk tekanan-tekanan juga laser-laser. Kalau prediksi lawan terberat di penyisihan Iran,” tandasnya.

Kejuaraan AFC 2018 digelar di Malaysia pada 20 September hingga 7 Oktober 2018. Indonesia berada di grup G bersama dengan Iran, Vietnam, dan India.