Timnas Indonesia U-16 Mulai Tatap Piala Asia 2018

Di tengah keringnya prestasi dari dunia si kulit bundar, masyarakat Indonesia patut berbangga hati setelah melihat keberhasilan timnas Indonesia U-16 meraih gelar juara Piala AFF U-16 usai mengalahkan timnas Thailand. Meski begitu pasukan asuhan Fakhri Husaini dituntut agar tidak berpuas diri.

Sebab, David Maulana dan kolega bakal berlaga di Piala AFC atau Piala Asia U-16 yang berlangsung di Malaysia 20 September hingga 7 Oktober mendatang.

“Kami optimistis bisa bersaing di Malaysia, pemain punya mental dan tidak akan terpengaruh dengan tekanan di sana,” kata pelatih Fakhri Husaini selepas laga, Sabtu (11/8).

Pria asal Aceh menilai, dirinya masih memiliki waktu untuk melakukan segala evaluasi untuk menutup kelemahan-kelemahan yang masih berada di tubuh Garuda Asia. Sejauh ini, Fakhri belum berbicara tentang target dan juga peluang timnya di Piala Asia U-16.

Fakhri juga belum mendapat informasi soal pemusatan latihan yang akan digunakan oleh Bagus Kahfi dan rekan-rekan. “Yang jelas saat ini kami ingin istirahat dulu sampai Idul Adha, sambil menikmati kemenangan ini. Soal TC lanjutan belum ada kepastian. Hanya saja Sidoarjo tempat yang nyaman untuk kami,” sambung dia.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi berjanji bakal memberikan bonus kepada seluruh elemen yang terkait dalam timnas U-16 seluruhnya. “Pasti, pasti akan ada bonus dari kami (PSSI),” ucapnya.

Edy pun menilai masa depan sepak bola Indonesia berada di pundak timnas U-16. Masyarakat tentu berharap banyak dengan anak asuh Fakhri Husaini. “Apa yang kami harapkan dan cita-citakan terwujud. Inilah bibit-bibit Indonesia untuk masa depan. Hadiah untuk kemerdekaan Republik Indonesia,” jelas dia.

Timnas U-16 menang melalui adu penalti dengan skor 4-3 atas Thailand pada laga final Piala AFF U-16 2018. Di waktu normal, kedua tim bermain imbang 1-1 melalui gol Fajar Faturachman menit ke-32 dan Apidet Janngam menit ke-71.

Pada babak adu penalti, anak muda Garuda Asia sukses mempecudangi Thailand. Empat algojo Indonesia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, kiper Indonesia Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand.