3 Tim Junior Liga 1 Lolos ke Babak 24 Besar Piala Soeratin Zona Jatim

Tiga tim junior Liga 1, Persebaya Surabaya, Arema FC, dan Bhayangkara FC lolos ke babak 24 besar Piala Soeratin U-17 Jatim 2018 yang akan digulirkan pada akhir Agustus.

Kepastian ini setelah Persebaya dan Arema memuncaki klasemen akhir masing-masing grup, Persebaya memimpin klasemen Grup A dan Arema FC di Grup D. Sementara Bhayangkara FC melaju ke babak 24 besar setelah tampil sebagai runner-up Grup G.

Satu-satunya tim Liga 1 yang gagal melaju ke babak berikutnya hanya Persela U-17. Tim Laskar Joko Tingkir junior harus tersisih karena hanya menempati posisi ketiga di klasemen akhir Grup J.

Sesuai skema awal yang ditentukan pada manager meeting lalu, di babak 24 besar nanti Persebaya akan menempati Grup L bersama Persikoba Batu(runner-up Grup B), dan runner-up Grup C. Sementara Arema FC akan mengisi Grup M bersama Persiga Trenggalek (runner-up Grup E) dan juara Grup F yang ditempati Persid Jember. Bhayangkara FC tergabung dalam Grup Q bersama Perseta Tulungagung (juara Grup K) dan Jember United (juara Grup I)

Hingga kini, juara dan runner-up Grup C belum ada lantaran pertandingan di grup ini belum digelar. Sesuai jadwal, laga Grup C akan dimainkan di Lapangan Bumi Moro, AAL, Surabaya pada 18, 19 dan 21 Agustus 2018 nanti.

Untuk Grup N akan diisi Persekap Kota Pasuruan (juara Grup G), Kresna FC (runner-up Grup H), dan runner-up Grup I, Persewangi. Di Grup O ada Bumi Wali (juara Grup J), Persenga Nganjuk (runner-up Grup K), PSBK Kota Blitar (juara Grup B).

Di Grup P ditempati Pamekasan FC (runner-up Grup A), Blitar Poetra (runner-up Grup D), dan Persema 1953 (juara Grup H). Grup R diisi Persedikab Kediri (juara Grup E), Persinga Ngawi (runner-up Grup J), serta peringkat ketiga terbaik pertama. Dan yang terakhir Grup S terdiri dari juara Grup C, Persekabpas Pasuruan (runner-up Grup F, dan peringkat ketiga terbaik kedua.

“Penentuan peringkat tiga terbaik baru ditentukan setelah semua pertandingan Grup C selesai,” ujar M. Jaya, Bidang Kompetisi Asprov PSSI Jatim.

Babak 24 besar Piala Soeratin U-17 Jatim 2018 akan digelar selama tiga harui, 24, 25 dan 26 Agustus mendatang. Sementara tuan rumah masing-masing grup menunggu pengajuan dari tim-tim peserta babak 24 besar. “Jadi kalau Persebaya mau jadi tuan rumah Grup L harus mengajukan,” sebut Jaya.

Rencananya, penentuan tuan rumah masing-masing grup akan ditentukan sebelum babak 24 besar diputar, atau setelah seluruh pertandingan Grup C selesai digelar.