Indonesia Dikalahkan Palestina 1-2

Timnas Indonesia U-23 gagal merengkuh kemenangan kedua di Asian Games 2018. Berjumpa Palestina di laga kedua Grup A di Stadion Patriot pada Rabu (15/8) malam WIB, Indonesia kalah dengan skor 2-1.

Indonesia sempat menyamakan skor menjadi 1-1 dari aksi Irfan Jaya. Sebelumnya, Indonesia tertinggal dari gol Oday Dabbagh. Tapi, gol Mohamed Darwish di babak kedua membuat Garuda Muda kalah dengan skor 2-1.

Pelatih Luis Milla membuat perubahan pada susunan pemain. Tidak ada Beto Goncalves dan Evan Dimas. Sebagai gantinya, Milla memasang Septian David Maulana dan M. Hargianto. Stefano Lilipaly dipasang jadi penyerang.

Umpan-umpan pendek diperagakan dengan apik oleh pemain Indonesia. Zulfiandi jadi pusat permainan di lini tengah. Sementara, pergerakan cepat Irfan Jaya dan Lilipaly jadi andalan di lini serang.

Pada menit ke-15, sebuah kesalahan terjadi di kotak penalti Indonesia. Zulfiandi salah mengontrol bola dan wasit menilai ada handball. Penalti yang eksekusi oleh Mohamed Darwish menerpa tiang gawang, tapi bola mental disambar oleh Oday Dabbagh.

Setelah tertinggal, Indonesia tampil menekan. Irfan Jaya mendapat peluang dari kemelut di kotak penalti Palestina. Menerima umpan pendek Hansamu Yama, sepakan Irfan masih terlalu lemah dan bisa diblok pemain belakang.

Irfan akhirnya sukses menyamakan skor pada menit ke-21. Menerima umpan dari Bagas Adi Nugroho, pemain asal Persebaya Surabaya lepas dari jebakan offside. Irfan mengecoh pemain lawan dan menceploskan bola lewat sepakan mendatarnya.

Menit 36, Milla menarik keluar Septian David dan memasukkan Ilham Udin untuk tampil lebih agresif. Tapi, skor imbang 1-1 tak mampu diubah hingga babak pertama usai. Tak banyak peluang yang diraih oleh Indonesia.

Darwish yang gagal mengeksekusi penalti di babak pertama, membawa Palestina unggul di menit ke-51. Darwish membobol gawang Andritany usai lepas dari kawalan Gavin Kwan. Palestina unggul dengan skor 2-1.

Situasi tidak menguntungkan dialami oleh Indonesia. Pada menit ke-55, Bagas Adi cedera dan harus digantikan Rezaldi Hehanusa. Jatah pergantian Indonesia habis setelah sebelumnya juga mengganti Irfan Jaya dengan Saddil Ramdani.

Palestina bermain lebih bertahan di babak kedua. Selain itu, para pemain Palestina juga nampak cukup sering terjatuh dan meminta perawatan dari tim medis. Sementara, serangan Indonesia kerap mengalami kebuntuan.

Hingga laga usai, Indonesia tak mampu mengejar gol tambahan. Garuda Muda pun harus menerima kekalahan dengan skor 2-1 atas Palestina.

Susunan Pemain
Timnas Indonesia: Andritany, Gavin Kwan, Hansamu Yama, Ricky Fajcrin, Bagas Adi, Hargianto, Zulfiandi, Irfan Jaya, Septian David, Febri Hariyadi, Stefano Lilipaly

Timnas Palestina: Rami Hamada, Ahmed Qatmish, Mhammed Rashid, Michelmilad Termanini, Abdallatif Abahdari (C), Mahmoud Abuwarda, Oday Dabbagh, Mahmoud Yousef, Mousa Farawi, Sameh Maraaba, Mohamed Darwish.