Sungguh Terpuji, Aksi Memungut Sampah Sendiri Suporter Indonesia Tuai Pujian

Masih ingat bagaimana aksi suporter Jepang menginspirasi suporter di seluruh dunia ketika membersihkan sampah-sampah di stadion saat perhelatan Piala Dunia 2018 bulan lalu? Perilaku itu pun baru-baru ini terlihat di Stadion Patriot Candrabaga.

Ya, perilaku terpuji ditunjukkan sekelompok suporter Timnas Indonesia U-23 pada laga Grup A Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabaga, Minggu (12/8) malam WIB. Seusai pertandingan, mereka kompak membersihkan stadion dengan cara memungut sampah yang tercecer.

Aksi terpuji tersebut dilakukan setelah Timnas Indonesia U-23 meraih kemenangan telak 4-0 atas Chinese Taipei. Gol kemenangan Garuda Muda dicetak oleh Stefano Lilipaly (67′, 76′), Alberto Goncalves (71′), dan Muhammad Hargianto (90+3′).

Kemenangan tersebut lantas membuat para suporter bersuka cita sesuai pertandingan. Mereka meluapkan kemenangan Timnas Indonesia U-23 dengan cara melakukan aksi bersih-bersih stadion.

Dalam video yang diviralkan akun Instagram @hantam_provokator itu, terlihat satu keluarga yang terdiri dari anak, ibu, dan ayah bersama para suporter lainnya memungut sampah yang bertebaran di bangku-bangku tribune Stadion Patriot Candrabaga.

Hingga Selasa (14/8/2018) pukul 09.00 WIB, video tersebut sudah dilihat lebih dari 11 ribu kali. Video tersebut juga mengundang banyak komentar positif dari warganet yang kagum akan aksi suporter Timnas Indonesia U-23.

“Semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi suporter yang seperti ini,” tulis akun bernama @agung__22.

“Semoga Suporter Indonesia bisa lebih maju, dewasa, fairplay (bukan hanya untuk pemain saja) dan peduli untuk selalu menjaga atribut sepak bola,” tambah akun @alifarkhhan_2.

Di pertandingan selanjutnya, timnas Indonesia U-23 akan bertemu dengan Palestina U-23 pada hari Rabu, 15 Agustus 2018 malam.(bola/dzi)