Proyeksi Timnas U-16 Indonesia, Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2034

Timnas U-16 Indonesia yang baru saja menjadi juara Piala AFF U-16 2018 diproyeksikan untuk Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2034. Demikian dikatakan Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

Timnas U-16 Indonesia untuk kali pertama mampu meraih gelar juara pada ajang Piala AFF U-16 setelah menang adu penalti atas Thailand pada partai final di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam.

Danurwindo bersyukur Skuad Garuda Asia mampu mempersembahkan trofi untuk bangsa Indonesia. Menurut Direktur Teknik PSSI itu, pemain Timnas U-16 itu akan disiapkan PSSI untuk ajang Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2034.

”Kami bersyukur Timnas U-16 Indonesia bisa juara, tetapi perjalanan masih panjang. Tim usia 16 tahun ini akan dipersiapkan untuk turnamen yang lebih besar,” ucap Danurwindo seusai pertandingan.

Menurut Danurwindo, Timnas U-16 Indonesia diisi pemain-pemain berbakat. Potensi itu, kata Danur, bisa terus dimaksimalkan lagi. ”Kami berharap pemain ini bisa membawa Indonesia bermain di Piala Dunia 2034. Ini bagian dari sepak bola indonesia untuk maju,” tutur Danur.

Para pemain muda di Timnas U-16 diakui Danurwindo memiliki teknik dan mental bagus. Saat berusia 19 tahun, mereka diharapkan bisa semakin bagus. ”Mereka juga harus ikut kompetensi lagi untuk menambah jam terbang,” tutur Danurwindo.

Timnas U-16 Indonesia menang adu penalti dengan skor 4-3 pada laga final Piala AFF U-16 2018. Adu penalti dilakukan setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal. Sempat unggul lebih dulu lewat Fajar Faturachman pada menit ke-32, Indonesia kebobolan oleh gol Apidet Janngam (71′). Skor 1-1 bertahan hingga babak kedua selesai dan berlanjut ke babak adu penalti.

Indonesia Pada babak adi penalti, mental tanding anak muda Indonesia ini patut dipuji. Empat algojo Indonesia berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sementara itu, kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi berhasil menepis dua tendangan pemain Thailand.