Pelatih Persib Sebut Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia di Piala AFF U-16

Timnas U-16 sukses keluar sebagai juara Piala AFF U-16. Keberhasilan tim asuhan Fachri Husaini tersebut, diraih usai menekuk Thailand 4-3 (1-1) lewat drama adu penalti di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu, 11 Agustus 2018 kemarin.

Timnas U-16 meraih hasil sempurna di ajang ini. Selain meraih gelar terbaik di pentas Piala AFF U-16 2018, Amiruddin Bagus Kahfi sukses merengkuh gelar top skorer turnamen.

Meski tidak mencetak gol pada partai itu, koleksi gol Bagus tak terkejar. Pemain kelahiran Magelang, Jawa Tengah itu berhasil membukukan 12 gol sepanjang turnamen.

Terkait dengan itu, pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, juga ikut memberikan apresiasi atas pencapaian Brylian Aldama dan kawan-kawan.

“Saya ucapkan selamat karena kalian telah menjuarai Piala AFF U-16. Selamat untuk semua pemain, pelatih dan juga para pihak yang turut berandil besar dalam keberhasilan ini. Semoga ini jadi awal yang baik untuk masa depan kalian di dunia sepakbola profesional,” ucap Gomez, Minggu 12 Agustus 2018, seperti dilansir situs resmi klub.

Pelatih asal Argentina itu pun tak segan memuji performa Timnas U-16 selama ajang Piala AFF U-16 berlangsung. Menurutnya, seluruh pemain mampu tampil konsisten dalam setiap pertandingan yang dijalaninya.

“Saya suka dengan semangat juang anak-anak muda ini. Mereka begitu tampil penuh semangat. Tentu saya salut dengan perjuangan kalian, karena di babak semifinal (versus Malaysia) dan final mereka memiliki lawan yang terkuat di Asia Tenggara, dan mereka mampu menuntaskan dengan gelar juara,” kata Gomez.

Indonesia U-16 mengawali Piala AFF dengan meyakinkan. David Maulana dan kawan-kawan meraih kemenangan telak 8-0 atas Filipina, di Gelora Delta, Sidoarjo.

Setelah itu, kemenangan demi kemenangan berhasil diraih. Indonesia U-16 lantas menjadi juara grup A dengan raihan poin sempurna, yaitu 15 karena mengalahkan lawan-lawan selanjutnya Myanmar, Vietnam, Timor Leste, dan Kamboja.

Dominasi Timnas Indonesia U-16 tidak berhenti setelah fase grup. Bersua Mayalsia di semifinal, skuat Garuda Muda menang 1-0 berkat Bagus Kahfi.

Pencapaian skuat Fakhri Husaini disempurnakan dengan kemenangan atas Thailand. Bagi Indonesia, ini merupakan final kedua selama mengikuti Piala AFF U-16.

Final pertama terjadi pada 2013, sayangnya ketika itu berakhir dengan kekalahan adu penalti dari Malaysia. Berikut ini data perjalanan lengkap Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2018.