Kembali Raih Hasil Imbang, Hamka Hamzah Bertekad Putus Tren Negatif Arema

Hasil imbang yang diraih Arema FC saat meladeni Borneo FC pada pekan ke-20 Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (11/8/2018), menjadi sebuah pukulan telak. Ini merupakan kali ketiga beruntun tim Singo Edan bermain imbang di kandang sendiri.

Kekecewaan Arema FC semakin besar karena hasil imbang 2-2 itu merusak perayaan ulang tahun ke-31. Apalagi, Aremania berharap tim kesayangannya meraih kemenangan melawan Borneo FC.

Setelah pertandingan, kapten tim Hamka Hamzah turun tangan untuk hadir dalam sesi konferensi pers. Padahal, sejak berlabuh di Arema pada paruh kedua Liga 1, pemain 34 tahun itu tidak pernah muncul dalam sesi jumpa pers.

“Karena hasil imbang ini saya mewakili tim meminta maaf kepada publik Malang dan Aremania. Harusnya malam ini kami wajib menang untuk melengkapi perayaan ulang tahun,” kata mantan pemain Sriwijaya FC tersebut.

Hamka mengungkapkan rekan-rekan setimnya harus memiliki mental petarung di setiap pertandingan. Dari kacamatanya, masih ada pemain Arema yang belum memiliki mental tersebut.

“Padahal kalau sudah gabung dengan tim besar seperti Arema, hal itu wajib dimiliki. Bukan hanya modal semangat, mereka harus tahan dan siap saat dipuji dan dicaci,” katanya.

“Sementara ini saya simpan sendiri mental seperti itu. Namun sekarang wajib saya tanamkan kembali kepada pemain lain,” ia melanjutkan.

Hamka pun berharap rekan-rekan setimnya bisa segera bangkit dari keterpurukan. Setelah memetik tiga poin di kandang Sriwijaya FC, Singo Edan takluk di kandang Mitra Kukar, dan dua kali diimbangi Persija Jakarta serta Borneo FC.

“Sekarang semua pemain Arema harus secepatnya memperlihatkan mental yang bagus di lapangan. Tim pelatih juga harus menyusun program yang bisa membuat pemain cepat bangkit dari situasi seperti ini,” lanjut mantan kapten timnas senior Indonesia itu.