Trofi Perdana Timnas Indonesia U-16 di Ajang Piala AFF U-16

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 menjadi juara di gelaran Piala AFF U-16 2018. Skuad besutan Fakhri Husaini menjadi kampiun di ajang kompetisi sepakbola antarnegara se-Asia Tenggara tersebut usai menumbangkan Thailang U-16 lewat drama adu penalti setelah bermain imbang di waktu normal pertandingan.

Ini merupakan trofi perdana bagi Garuda Asia –julukan Timnas Indonesia U-16– di ajang Piala AFF U-16. Di mana sebelumnya prestasi tebaik Amirudin Bagus Kahfi dan kolega adalah menjadi runner-up di ajang yang sama pada 2013 lalu. Saat itu, Timnas Indonesia U-16 tak mampu mengatasi permainan Timnas Filipina U-16 di partai final.

Meski begitu, pada gelaran yang sama di tahun ini, Timnas Indonesia U-16 akhirnya mampu menjadi juara. Meski bermain cukup sengit sepanjang waktu normal, para penggawa Timnas Indonesia U-16 akhirnya mampu menyudahi perlawan Timnas Thailand lewat drama adu penalti.

Kemenangan Timnas Indonesia U-16 pada gelaran Piala AFF U-16 hanya berjarak enam langkah dari hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada Jumat 17 Agustus 2018. Karena itu, raihan Trofi pada pada ajang ini jelas menjadi kado manis bagi ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia yang pada 2018 ini menginjak angka 73 tahun.

Penampilan Sutan Zico dan rekan-rekan apda gelaran Piala AFF U-16 2018 memang cukup menjanjikan. Bagaimana tidak, mereka bahkan mampu melaju ke babak final dengan menyapu bersih enam laga sejak tampil di fase grup. Menilik pada hal tersebut, maka wajar jika Timnas Indonesia U-16 menjadi kampiun di ajang Piala AFF U-16 2018.