Persebaya Buka Opsi Fandi Eko Jadi Striker Kontra Barito Putera

Persebaya Surabaya memiliki masalah begitu tahu David da Silva tidak bisa diturunkan saat melawan Barito Putera (12/8/2018). Striker asal Brasil itu terkena akumulasi kartu atau telah mengantongi tiga kartu kuning.

Padahal, dia merupakan striker andalan Persebaya dengan koleksi 13 golnya. Pelatih interim Persebaya, Sugiantoro berusaha untuk menyiapkan opsi dengan absennya Da Silva di laga pekan ke-20 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak tersebut.

Persebaya memang masih memiliki Rishadi Fauzi dan Ricky Kayame untuk peran target man. Namun, pelatih yang akrab disapa Bejo itu juga menyiapkan gelandang Fandi Eko Utomo untuk bermain sebagai striker.

“Kami punya Rishadi untuk pengganti David. Pemain di sini bagus, bisa bermain di lebih dari satu posisi. Saya juga akan mencoba Fandi untuk bermain sebagai striker,” kata Bejo.

Jika game plan itu dijalankan, maka itu akan menjadi skema baru bagi Persebaya. Sebab, klub berjulukan Bajul Ijo itu belum pernah bermain dengan skema false nine dalam satu pertandingan.

Akan tetapi, Bejo tidak menjamin bakal menerapkan strategi itu selama pertandingan nanti. Dia akan tetap menyesuaikan diri dengan situasi pertandingan yang sangat mungkin berbeda.

“Kami bisa saja pakai striker, atau bahkan emamng tanpa striker. Keputusan akan saya ambil beberapa saat menjelang pertandingan. Tapi, itu semua tetap tidak jauh dari skema utama permainan kami,” imbuhnya.

Untuk posisi trio gelandang, Bejo masih bakal memercayakan pada Robertino Pugliara, Rendi Irwan, dan Misbakus Solikin. Komposisi lini tengah inilah yang telah membawa Persebaya bangkit di Liga 1 dengan menang 3-1 atas Persela Lamongan (5/8/2018).

“Saya tidak mau mengutak-atik komposisi yang ada. Yang sebelumnya pun berhasil membawa kemenangan. Saya tinggal menambahkan pemain pengganti yang berhalangan tampil saja,” tandas pria 41 tahun itu.