Jokowi Doakan Timnas U-16 di Final Piala AFF

Selangkah lagi Timnas U-16 Indonesia merebut trofi juara Piala AFF U-16. Mereka hanya harus melewati hadangan Thailand pada laga final yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018).

Hingga kini, laju Timnas U-16 di Piala AFF U-16 2018 memang sangat mulus. Mereka menyapu bersih lima laga dengan kemenangan. Timnas U-16 juga melesakkan 21 gol dan hanya kebobolan tiga gol. Mereka menang 8-0 atas Filipina, 2-1 atas Myanmar, 4-2 atas Vietnam, 3-0 atas Timor Leste, 4-0 atas Kamboja, dan 1-0 atas Malaysia.

Berbeda dengan Thailand yang gagal meraih hasil sempurna di fase grup. Di Grup B, hanya tiga kemenangan yang didapat Thailand dari empat pertandingan. Mereka gagal meraup poin penuh saat ditahan Laos 0-0. Di semifinal, mereka menang 1-0 atas Myanmar dan Timnas U-16 mengatasi Malaysia 1-0.

Meski begitu, hasil akhir dari pertarungan Timnas U-16 dan Thailand tetap sulit ditebak. Masyarakat Indonesia tentu berharap anak asuh Fakhri Husaini yang tampil sebagai pemenang. Bahkan, Presiden RI Joko Widodo pun ikut mendoakan skuat Garuda Asia.

Ia menunggah sebuah foto yang menampakkan dirinya sedang memakai jersey Timnas Indonesia. “Selamat berjuang Timnas Sepak Bola Indonesia di partai final Piala AFF U-16 malam ini di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo,” tulis Jokowi di Instagram.

“Tampilkan permainan terbaik, selalu junjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Doa untuk Garuda Muda, kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia. Semoga juara!” tutup komentar Jokowi.

Ambisi Timnas U-16
Sebelumnya, Timnas U-16 dan Thailand memang sempat bertemu pada kualifikasi Piala Asia U-16 2018. Saat itu, rapor Timnas U-16 juga lebih bagus dari Thailand. Ketika kedua tim bertemu, Timnas U-16 yang menang 1-0 berkat Amanar Abdillah.

Jika tampil sebagai juara, ini adalah momen perdana untuk Timnas U-16. Sebelumnya, pencapaian terbaik mereka hanya jadi runner-up pada edisi 2013. Gelar juara juga akan jadi modal bagus menuju Piala Asia U-16 di Malaysia, 20 September-7 Oktober 2018.