Arema Vs Borneo FC: Singo Edan Mencari Kado Ulang Tahun

Arema FC akan merayakan ulang tahun ke-31 saat menjamu Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (11/8/2018).

Dalam momentum ini, Arema wajib menang karena hanya tiga poin yang bisa membuat perayaan ulang tahun tersebut lebih lengkap. Aremania diprediksi bakal memenuhi Stadion Kanjuruhan.

“Sudah saya sampaikan sebelumnya, saya tidak ingin merusah momen ulang tahun ini. Dan sudah saya siapkan perubahan dari segi skema permainan. Kami akan coba bermain penuh semangat seperti saat melawan Persija. Pemain bisa berlari penuh semangat sepanjang pertandingan,” kata pelatih Arema, Milan Petrovic.

Jika melihat sesi latihan sepekan terakhir, Arema membuat perubahan. Striker muda Ahmad Nur Hardianto akan diberi kesempatan main sejak awal. Sedangkan Hamka Hamzah yang sempat jadi penyerang lawan Persija, dikembalikan jadi stoper.

Namun Arthur Cunha yang selama ini jadi stoper didorong jadi gelandang bertahan. Perubahan lainnya, Makan Konate dijadikan penyerang lubang.

“Setiap pertandingna kami mencoba ada perubahan dan kami yakin sekarang hasilnya bisa meraih kemenangan. Kuncinya ada pada keyakinan diri semua pemain,” kata pelatih 58 tahun itu.

Di sisi lain, Arema sebenarnya lebih diuntungkan kali ini. Karena Borneo datang dengan skuat pincang. Mereka tidak membawa lima pemain inti. Seperti Lerby Eliandy, Azamat Baimatov, Sultan Sama, Wahyudi Hamisi dan Mahardiga Lasut.

Milan mengakui hal itu bisa dimanfaatkan oleh Arema. Tapi dia juga mengimbau pemainnya agar tidak meremehkan Borneo yang sedang pincang. “Harus tetap respek dengan lawan. Meskipun ada beberapa pemain yang absen. Terpenting harus tetap bermain dalam top level,” jelasnya.

Duel Sriwijaya FC vs Borneo FC di Stadion H. Agus Salim, Padang, Minggu (29/7/2018). (Bola.com/Riskha Prasetya)
Sementara di kubu Borneo FC, mereka tidak memandang beberapa pemain yang absen sebagai kendala serius. Pelatih Dejan Antonic menganggap pemain yang absen adalah hal biasa. Dia sudah mencari solusi untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pemain tersebut.

“Sejak saya datang (di Borneo FC), hal biasa ada pemain absen. Dan saya tidak melihat pemain dari nama besar. Siapa yang kerja keras, dia akan dapat kesempatan. Tidak masalah meski nanti harus mainkan anak muda di tim ini. Yang penting dia mau kerja lebih banyak di lapangan,” kata Dejan.

Tim Pesut Etam ini juga sudah siap mental bermain di hadapan Aremania yang bersiap untuk merayakan puncak ulang tahun. Mereka juga memprediksi Arema akan bermain lebih ngotot untuk menang.

“Kami tahu Arema sangat ingin menang. Dan kami sudah siapkan skema untuk menghadapinya. Borneo datang untuk dapat poin. Baik imbang maupun menang. Lihat saja nanti di lapangan seperti apa,” kata pelatih asal Serbia itu.

Dejan punya modal bagus untuk meladeni Arema. Pada putaran pertama lalu, mereka berhasil menang 2-1 di Samarinda. Waktu itu, Arema sudah unggul lebih dulu. Tapi mereka berhasil membalikan keadaan.

Artinya, saat bermain di Malang, hal itu bisa saja kembali dilakukan Titus Bonai dkk. karena mereka tidak ingin dengan mudah dijadikan kado ulang tahun Singo Edan.

“Arema tetap tim besar meskipun di klasemen masih naik turun. Tapi, saya sudah pernah hadapi tim ini di Samarinda. Kami melakukan hal luar biasa untuk menang setelah tertinggal pada babak pertama,” jelas mantan pelatih Persib Bandung tersebut.

Prediksi Susunan Pemain
Hamka Hamzah (Arema)
Hamka Hamzah saat jadi target man melawan Persija (5/8/2018). (Bola.com/Iwan Setiawan)
Arema FC (4-4-1-1): Srdan Ostojic (kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Israel Wamiau, Ahmad Alfarizi (belakang); Dendi Santoso, Arthur Cunha, Hendro Siswanto, Rivaldi Bawuo (tengah); Makan Konate; Ahmad Nur Hardianto (depan).

Pelatih: Milan Petrovic

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Argawinata (kiper); Diego Michiels, Renan Alves, Wildansyah, Abdul Rahman (belakang), Ahmad Maulana, Tijani Belaid, Billy Keraf (tengah) Amrizal Umanailo, Titus Bonai, Matias Conti (depan)

Pelatih: Dejan Antonic