Komentar Fakhri Husaini Setelah Timnas Indonesia U-16 ke Final Piala AFF

Timnas Indonesia U-16 akhirnya berhasil lolos ke babak final Piala AFF U-16 2018. Mereka menang tipis 1-0 (0-0) atas Malaysia di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis malam (9/8/2018).

Gol kemenangan skuat Garuda Asia ini lahir lewat titik putih hasil eksekusi Bagus Kahfi pada menit ke-72. Penalti itu didapat Timnas Indonesia U-16 setelah M. Supariadi dijatuhkan kiper Malaysia, Abdul Alim.

“Syukur Alhamdulillah, kami bisa menang di laga yang cukup ketat melawan Malaysia. Pertandingan tadi berjalan berat karena kami berharap Malaysia bermain terbuka. Faktanya mereka punya taktik sendiri mengandalkan serangan balik,” ungkap Fakhri Husaini, pelatih Timnas Indonesia U-16.

Sepanjang 80 menit pertandingan, David Maulana terlihat cukup kesulitan untuk mencetak gol. Hal itu dibuktikan dengan gol yang mereka ciptakan baru lahir delapan menit jelang bubaran.

Pemain Timnas Indonesia U-16 membukukan sebanyak 12 tembakan dengan empat di antaranya on target di laga ini. Sementara Malaysia hanya mampu mencatatka lima tembakan tanpa ada yang mengenai sasaran.

Permainan Malaysia yang tampil sangat rapi menjaga pertahanan menjadi catatan sendiri. Fakhir pun mengakui bahwa itu menjadi kendala anak asuhnya untuk mencetak gol dengan cepat.

“Agak kesulitan buat kami membongkar pertahanan yang dilkaukan pemain Malaysia. Tapi, saya bangga dengan yang diperlihatkan permainan pemain kami dengan perjuangan keras, pengorbanan, dan determanasi tinggi selama pertandingan,” ujarnya.

“Kalau kita perhatikan kami mendominasi permainan. Beberapa kali peluang kami tercipta, ada yang kena tiang juga. Tentu tidak semua pertandingan bisa kami lakukan dengan cara yang sama karena lawan yang kami hadapi juga berbeda. Malaysia bermain cukup tangguh dengan compact defense,” imbuhnya.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-16 memiliki satu langkah saja untuk merengkuh mahkota juara. Namun, mereka harus mengalahkan Thailand di partai puncak yang digelar di stadion yang sama, Sabtu (11/8/2018).

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*