Timnas U-16 Indonesia Diminta Main Cantik dan Nikmati Pertandingan

Fakhri Husaini tak mau anak asuhnya terbebani ekspektasi harus menang lawan Malaysia, Kamis (9/8) malam WIB. Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia hanya diminta untuk bermain cantik dan menikmati pertandingan.

Ekspektasi menang sebenarnya sudah ditanamkan kepada Timnas U-19. Sayang, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan gagal mengalahkan Malaysia pada semifinal Piala AFF U-19 2018, dua pekan yang lalu.

Kini, sedikit atau banyak, ekspektasi itu dialihkan ke Timnas U-16. Kebetulan David Maulana dan kawan-kawan akan berjumpa Malaysia pada semifinal Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Fakhri tak mau anak asuhnya merasa terbebani dengan kewajiban menang. Menurut buku Filosofi Sepak Bola Indonesia (Filanesia), sebut Fakhri, menjadi juara bukan tujuan utama Timnas U-16 Indonesia.

“Tetapi tentu saja ketika kami sudah masuk ke semifinal, ketika kami bermain di depan ribuan pendukung yang begitu fanatik dan kreatif, tentu kami tidak ingin mengecewakan mereka,” tegas Fakhri.

Mantan pemain PKT Bontang itu mengungkapkan, sebenarnya dirinya tidak pernah membebani timnya dengan target harus menang. Fakhri hanya meminta timnya bermain cantik dan menikmati setiap detik pertandingan yang mereka jalani.

“Anak-anak benar-benar menikmati pertandingan. Saya berharap para pemain juga menikmati pertandingan semifinal ini. Tanpa ada beban apa pun,” tutup Fakhri.