PSM Tantang Persela Tanpa Bek Asal Prancis

PSM Makassar memboyong 19 pemain untuk meladeni tuan rumah Persela Lamongan pada pekan ke-20 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Surajaya, Jumat (10/8/2018).

Rombongan Juku Eja meninggalkan Makassar, Rabu (8/8/2018) siang. Dalam daftar rombongan, tidak ada nama Steven Paulle. Bek tengah asal Prancis ini absen karena akumulasi kartu.

Kehilangan Paulle yang selama ini jadi duet Abdul Rahman menjadi kehilangan besar buat lini belakang PSM. Apalagi kondisi kiper Rivki Mokodompit belum sepenuhnya pulih. Rivki diikutkan ke Lamongan karena M. Syaiful masih cedera dan Imam Arief Fadillah harus menjalani skorsing kartu merah.

Praktis, hanya Hilmansyah, kiper muda Makassar yang siap pakai. Padahal, PSM sangat butuh kemenangan untuk mengamankan posisi di papan atas klasemen. Kalau seri apalagi kalah, PSM yang saat ini bertengger di peringkat kedua harus bersiap terlempar ke papan tengah.

Pelatih PSM, Robert Alberts, membawa tiga nama yang disiapkan menggantikan peran Paulle. Mereka adalah Hasim Kipuw, Ardan Aras, dan Hendra Wijaya. Dari ketiganya, Ardan yang kerap dimainkan sebagai stoper. Namun, mantan timnas U-23 baru pulih dari cedera yang membuat namanya hilang dari line up pada beberapa pertandingan PSM.

“Kami lihat perkembangan terakhir. Tentu saya akan memainkan pemain yang lebih siap,” ujar Robert pada awak media Makassar.

Robert berada dalam tekanan menyusul hasil minor PSM pada tiga laga terakhir, karena Juku Eja hanya meraih dua poin. Masing-masing takluk 1-3 dari PSMS Medan (23/7/2018), imbang dengan PSIS 1-1 (30/7/2018) dan Perseru Serui 2-2 (5/8/2018). Tiga tim ini adalah penghuni papan bawah klasemen.

Padahal, Persela Lamongan bukan lawan yang mudah ditaklukkan bila bermain di kandang sendiri. Sebagai catatan, Persela adalah tim pertama yang mengalahkan PSM Makassar musim ini. Dan kemenangan Persela itu justru terjadi di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, markas PSM.

Daftar Pemain PSM ke Lamongan
1. Rivky Mokodompit

2. Hilmansyah

3. Zulkifli Syukur

4. Ardan Aras

5. Abdul Rahman

6. Reva Adi Utama

7. Rizky Pellu

8. Marc Klok

9. Guy Junior

10. Wiljan Pluim

11. Ferdinand Sinaga

12. M Rahmat

13. Hendra Wijaya

14. Rasyid Bakri

15. Asnawi Mangkualam

16. Hasim Kipuw

17. Saldy

18. Alessandro Ferreira Leonardo

19. Zulham Zamrun