Jumpa Malaysia, Waktunya Timnas U-16 Ukir Sejarah

Timnas Indonesia U-16 menghadapi Malaysia pada babak semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (09/08) besok.

Pertemuan kedua Negara tidak dapat dihindarkan setelah Malaysia finis sebagai runner up Grup B. Sedangkan sehari sebelumnya, Indonesia lebih dulu memastikan diri sebagai juara Grup A.

Partai semifinal yang mempertemukan dua Negara bertetangga ini seakan mengulang turnamen Piala AFF U-19 2018 beberapa waktu lalu. Tim Merah Putih dipertemukan dengan Harimau Malaya pada fase yang sama.

Tetapi Malaysia lebih beruntung karena bisa mengalahkan Indonesia melalui drama adu penalti. Bahkan, tim yang identik dengan Hitam Kuning itu bisa menjuarai Piala AFF U-19 untuk pertama kalinya.

Namun catatan kurang apik di level yang lebih senior diyakini tidak akan membebani penggawa Timnas U-16. David Maulana dan kolega akan membuat sejarahnya sendiri tanpa harus dibayangi catatan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan.

”Saya kira masing-masing punya cerita sendiri. Kami akan bawa sejarah masing-masing,” ujar Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini.

Apa yang dikatakan Fakhri tidak sepenuhnya keliru, karena di fase grup, Timnas U-16 dan Timnas U-19 punya catatan yang berbeda. Tim Garuda Asia melenggang mulus tanpa kekalahan dengan menyandang status juara grup. Sementara seniornya hanya mampu finis sebagai runner up grup A kala itu.

Situasi yang sama juga dialami Malaysia, jika Timnas Malaysia U-19 lolos ke babak semifinal dengan status sebagai juara grup B. Timnas Malaysia U-16 justru hanya finis sebagai runner up Grup B.

”Terpenting buat seluruh pemain di laga semifinal melawan Malaysia nanti. tugas mereka adalah main sepak bola, tidak perlu memikirkan hal-hal lain yang di luar sepak bola,” juru taktik asal Aceh ini menambahkan.

Tetapi Fakhri mengakui bahwa pada saat menyambangi Kuala Lumpur beberapa waktu lalu, Timnas U-16 dipaksa menyerah oleh Malaysia. Tapi kekalahan itu justru jadi bekal untuk laga besok

”Ini untuk memotivasi anak-anak U-16 untuk bisa bermain lebih semangat lagi, bermain lebih baik lagi, bermain lebih kompak lagi,” tandasnya. (top/pra)

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*