Ini Respon AFF Terkait Klaim Penghinaan Pada Malaysia di Piala AFF U-16

Pihak AFF akhirnya memberikan respon terkait surat yang dikirimkan Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) terkait klaim nyanyian oknum suporter Indonesia yang menghina Malaysia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pihak FAM mengirimkan surat kepada pihak AFF dan juga AFC terkait nyanyian oknum suporter Indonesia di pertandingan Piala AFF U-16 Grup B awal pekan ini. Pihak AFF sendiri mengatakan akan melakukan investigasi terkait insiden tersebut.

Pihak FAM sendiri sebelumnya mengirim surat protes karena oknum suporter Indonesia dianggap melakukan nyanyian yang bernada hinaan kepada Malaysia di pertandingan antara timnas Malaysia U-16 melawan Thailand U-16 di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik.

Dalam rilis resminya, pihak AFF akhirnya memberikan respon atas surat yang dikirimkan oleh Sekjen FAM, Stuart Ramalingam.

“Federasi Sepak Bola ASEAN memandang serius insiden yang terjadi saat pertandingan Thailand kontra Malaysia pada 30 Juli 2018 di Stadion Joko Samudro. AFF sedang dalam proses mengumpulkan bukti-bukti yang berkaitan dengan masalah ini sebelum memutuskan tindakan yang tepat di bawah arahan Konfederasi Sepak Bola Asia,” bunyi pernyataan AFF.

“Sebelum dimulainya Piala AFF U-16, AFF telah mengambil langkah pengamanan dengan hati-hati melalui kedekatan kami dengan PSSI, untuk menghindari terulangnya insiden buruk yang terjadi saat Piala AFF U-19. Keamanan dan keselamatan pemain dan ofisial tetap menjadi pertimbangan terpenting dalam penyelenggaraan setiap turnamen AFF dan kami akan mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah masalah perilaku buruk suporter.”

“Mengingat rivalitas ketat antara Indonesia dan Malaysia, AFF berharap semua perwakilan tim akan menahan diri dari pernyataan provokatif di media sosial yang akan memperburuk situasi,” tutup pernyataan tersebut.

Pihak AFF memandang permasalahan ini sebagai masalah yang serius dan investigasi menyeluruh akan dilakukan karena ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, suporter Indonesia juga menjadi sorotan ketika pemain Timnas Malaysia U-19 dilempari botol setelah mengalahkan Timnas Indonesia U-19 di semifinal Piala AFF U-19 2018.(aff/dzi)