Fakhri Husaini Bicara Perbedaan Timnas U-16, U-19 dan U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menjabarkan bukan hal yang mudah bisa mengasuh pemain berusia di bawah 16 tahun. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapinya menjalani tugas ini.

Emosi labil pemain muda bisa menjadi masalah bagi sebuah tim. Itulah mengapa dia harus tetap memastikan kondisi semua pemainnya tetap terjaga untuk permainan terbaik.

Fakhri bahkan menyebutkan perbedaan yang cukup mencolok antara tim asuhannya dengan kelompok usia di atasnya, seperti Timnas Indonesia U-19 dan U-23. Jenjang usia yang berbeda, tentu saja membutuhkan cara yang berbeda untuk menanganinya.

“Yang membedakan kami dengan Timnas Indonesia U-19 dan U-23 adalah lebih banyak yang kami urus, tidak hanya sepak bola saja. Bahkan kami juga harus memikirkan kalau ada pemain yang tidak berani tidur sendiri,” kata Fakhri, yang kemudian tertawa.

Di usia yang masih muda, belum banyak pengalaman yang dimiliki pemain Timnas U-16. Mereka juga masih belum menjajaki karier profesional sehingga masih dibilang “hijau” dalam dunia sepak bola.

Belum lagi, di usia yang muda ini, mereka juga masih berstatus sebagai pelajar, kemungkinan SMP atau SMA. Fakhri harus mengayomi pemainnya yang juga terkadang perlu membagi waktu dengan urusan belajar.

Berbeda halnya dengan dua tim kelompok usia, U-19 dan U-23. Di Timnas Indonesia U-19, hampir semua pemain telah bergabung dengan klub sehingga terbiasa dengan suasana yang berbeda.

Di Timnas Indonesia U-23, pengalaman pemain jadi lebih matang dengan kemungkinan pernah bergabung di beberapa klub. Apalagi, sosok yang menjadi pelatih Timnas Indonesia U-23 adalah pelatih asing, Luis Milla, yang menambah pengalaman baru bagi pemain.

“Saya mengangap ini sebagai tantangan. Ada aspek mental yang ditangani oleh psikolog tim (Laksmiari Saraswati). Beliau orang yang paling cantik di tim ini,” imbuh Fakhri dengan nada bercanda.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-16 mengawali kiprah di Piala AFF U-16 2018 dengan catatan apik. Mereka menang 8-0 (3-0) atas Filipina di laga perdana Grup A di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu malam (29/7/2018).