PSSI Seleksi Pelatih Dari Klub Liga 1 Jika Tak Perpanjang Kontrak Luis Milla

PSSI masih belum bisa memberikan kepastian terkait perpanjangan kontrak pelatih tim nasional (timnas) Indonesia U-23, Luis Milla Aspas. Kontrak pelatih asal Spanyol itu memang akan berakhir setelah Asian Games 2018.

Di ajang tersebut, target tinggi pun dipatok untuk tim Garuda Muda, yakni minimal lolos ke babak semi-final. Meski begitu, PSSI juga telah bersiap untuk kemungkinan jika nantinya kontrak mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu tak diperpanjang.

PSSI memang harus mengambil keputusan cepat, karena setelah Asian Games sudah menanti Piala AFF 2018. “Kami akan lakukan seleksi termasuk di Liga 1, baik untuk pelatih maupun pemain (untuk Piala AFF 2018). Dalam waktu dekat nanti akan ada jawabannya. Tergantung nanti Asian Games, kami punya target di Asian Games. Wajar kalau kami lihat nanti bagaimana hasil yang sudah dipersiapkan selama dia melatih dua tahun,” ucap Edy Rahmayadi, ketua umum PSSI.

Lebih lanjut, purnawirawan jenderal bintang tiga itu menuturkan evaluasi juga akan dilakukan pihaknya untuk timnas Indonesia U-19 dan U-16. Mengingat, dua tim ini akan berlaga di Piala Asia kelompok umur masing-masing, dalam waktu dekat.

Teranyar, seperti diketahui, timnas U-19 hanya bisa finis di peringkat ketiga Piala AFF U-19 2018. Sedangkan timnas U-16 saat ini sedang berjuang di Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kami evaluasi baik itu skill, fisik, serta mental dan semua aspek lainnya. Sebenarnya (terkait kegagalan timnas U-19 di Piala AFF U-19 2018) banyak hal yang harus kita perbaiki. Rata-rata hampir seimbang kekuatannya, baik itu Malaysia, Vietnam, maupun Thailand. Tapi ke depan kita lihat, mudah-mudahan ada perbaikan,” jelas pria yang kini terpilih sebagai Gubernur Sumatera Utara itu.