Hari Nur Hindarkan PSIS Dari Kekalahan Lawan PSM

PSM Makassar berhasil mencuri satu poin dalam laga tandangnya setelah bermain imbang 1-1 melawan PSIS Semarang di Stadion Moch Soberoto, Magelang, pada laga pekan ke-18 Liga 1 2018, Senin (30/7) malam WIB.

Tambahan satu poin ini sangat berarti bagi PSM, karena mereka menapak ke posisi tiga klasemen sementara usai mengumpulkan nilai 29, sekaligus menggusur Persija Jakarta dengan keunggulan satu angka. Sedangkan PSIS keluar dari zona merah setelah mendulang 20 poin.

PSIS yang tampil di hadapan pendukungnya mengambil inisiatif menyerang lebih dulu untuk menekan pertahanan PSM. Sebaliknya, tim tamu juga tak mau kalah gertak dengan menerapkan permainan terbuka.

Stadion Moch Soebroto sempat bergemuruh ketika laga baru berjalan lima menit. Tapi gol Bruno Silva dianulir wasit, karena striker PSIS ini berada dalam posisi off-side ketika menerima umpan terobosan.

Di lain sisi, PSM mampu memberikan ancaman serius di pertahanan PSIS. Rizky Pellu yang menusuk dari sisi kanan serangan berhasil masuk ke area penalti PSIS, dan melepaskan tendangan, namun sepakannya menerpa sisi luar jaring kiri gawang.

Permainan agresif PSM ini kembali mendatangkan ancaman di pertahanan lawan. Menerima umpan dari sisi kanan, Pellu yang berdiri bebas melepaskan tendangan, tapi bisa diamankan kiper Jandia Eka Putra pada menit ke-34.

Pendukung tuan rumah terbungkam menjelang babak pertama berakhir. PSM sukses membuka keunggulan melalui tendangan keras Zulham Zamrun dari luar kotak penalti, sehingga menutup paruh pertama dengan skor 1-0.

Permainan PSIS dan PSM tidak mengalami perubahan di babak kedua. PSIS menaikkan irama permainan untuk mengejar defisit satu gol. Skema agresif tuan rumah membuat lini belakang PSM harus bekerja keras menghalau bola.

Di lain sisi, PSM menganggap keunggulan satu gol dari Mahesa Jenar belum mengamankan posisi mereka, sehingga berusaha menggebrak pertahanan PSIS, namun menemui kesulitan.

Perlahan-lahan PSM mulai memaksa barisan belakang PSIS bekerja keras. Peluang diperoleh Guy Junior untuk menggandakan keunggulan pada menit ke-72. Sayangnya, sontekan Guy yang bisa mengecoh kiper masih bisa dihalau Haudi Abdillah sebelum melewati garis gawang.

Upaya PSIS guna menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-81. Rekrutan anyar Abou Bakr yang dimasukkan dari bangku cadangan memberikan umpan matang kepada Hari Nur Yulianto, sehingga striker PSIS ini dengan mudah menanduk bola ke dalam gawang.

Gol tersebut melecut motivasi anak asuh Vincenzo Annese untuk membalikkan keadaan. Hanya saja, upaya PSIS meraih kemenangan di kandang tidak terwujud hingga peluit panjang ditiupkan wasit, dan harus puas bermain imbang 1-1.

Berikut susunan pemain kedua tim:

PSIS: Jandia Eka Putra; Haudi Abdillah, Frendy Saputra, Akbar Riansyah Aditya Putra, Petar Planic, Ibrahim Posle Conteh, Bayu Nugroho, Muhamad Yunus, Hari Nur Yulianto, Komarudin, Bruno Silva.
Cadangan: Joko Ribowo; Gilang Ginarsa, Fauzan Fajri Nasrullah, Nerius Alomm Aldaeir Makatindu, Albi Lanju Pamungkas, Abou Bakr Al-Mel.

Pelatih: Vincenzo Annese

PSM: Syaiful; Abd Rahman, Steven Paulle, Zulkifli Syukur, Asnawi Mangkualam Bahar, Reva Adi Utama, Zulham Zamrun, Marc Klok, Rizky Pellu, Ferdinand Sinaga, M Rahmat.
Cadangan; Hilman Syah; Hendra Wijaya, Hasim Kipuw, Saldi, Arfan, Rasyid Bakri, Guy Junior.

Pelatih: Robert Rene Alberts