Timnas Indonesia U-16 Vs Filipina: Antisipasi Perubahan

Timnas Indonesia U-16 akan mengawali laga di Piala AFF U-16 lawan Filipina pada Minggu (29/7/2018) di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Tim besutan Fakhri Husaini menargetkan kemenangan demi menumbuhkan rasa percaya diri.

Bila mengacu pada pertemuan kedua tim dalam dua kali pertemuan sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 tampaknya pantas optimistis. Pasalnya, Timnas Indonesia U-16 selalu berhasil memetik tiga angka penuh.

Kendati begitu, Fakhri tetap meminta para pemainnya waspada. Pasalnya, persiapan panjang yang dimiliki semua tim kontestan sebelum terjun di turnamen ini bisa jadi membuat tim-tim yang sebelumnya di atas kertas bisa mereka kalahkan, kini sudah meningkat.

“Saya yakin semua tim berbenah. Perubahan dan perbaikan yang mereka lakukan pasti membuat tim-tim ini, termasuk Filipina lebih siap. Saya dan pemain harus mengantisipasi semua kemungkinan itu,” tutur Fakhri.

Fakhri mengaku buta kekuatan Filipina yang terbaru. Ia hanya mengetahui skuat lama yang bermain di Piala AFF U-15, selebihnya ia tidak mengetahui.

Namun persiapan yang dilakukan Timnas Indonesia U-16 dirasa sudah cukup untuk bisa tampil maksimal. Apalagi semakin mendekati Piala AFF U-16, semua aspek mengalami peningkatan, baik fisik, teknik, mental, dan pemahaman soal taktik.

Bukan hanya itu, beberapa hal yang membuat Fakhri optimistis adalah kinerja anak buahnya yang semakin membaik, salah satunya inisiatif yang harus diambil ketika kehilangan bola, kemampuan para pemain dalam memanfaatkan bola mati, dan komunikasi di antara mereka.

Sementara itu, pelatih Filipina Reiji Hirata menganggap Timnas Indonesia U-16 sangat kuat. Apalagi pertandingan ini berlangsung di kandang Indonesia.

Namun, ia menegaskan bahwa Filipina datang jauh-jauh bukan untuk kalah. Mereka akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan perlawanan kepada tuan rumah.

Reiji berharap, timnya tidak hanya sekadar bisa mengimbangi Indonesia, tapi juga mengejutkan Indonesia. “Kami sekarang sudah lebih siap, dan semoga kami bisa membuat kejutan,” terang Reiji.