Liga 1: Hattrick Dendy Warnai Kemenangan Persela atas Persipura

Dendy Sulistyawan membawa Persela Lamongan meraih hasil positif atas Persipura Jayapura pada pekan ke-18 Go-Jek Liga 1 bersama BukaLapak. Dalam partai di Stadion Surajaya, Minggu (29/7/2018) itu, Persela berjaya 3-2.

Pada bursa paruh musim Liga 1 2018, Dendy dipinjamkan Bhayangkara FC ke Persela, klub yang sempat diperkuatnya pada ISC 2016. Hebatnya, ia langsung menandani momen debutnya dengan membukukan hattrick.

Berkat hattrick Dendy, Persela pun melesat ke posisi kelima klasemen Liga 1 dengan koleksi 27 poin. Sedangkan Persipura merosot ke posisi ke-11 kompetisi yang disiarkan langsung dan eksklusif Indosiar ini dengan raihan 23 poin.

Jalan Pertandingan

Kedua tim sama-sama datang dengan modal buruk, yakni melewati dua laga beruntun tanpa kemenangan. Karenanya, 10 menit pertama dihiasi dengan pertarungan sengit. Tapi, duel lebih banyak terjadi di lapangan tengah.

Di menit kelima, Persipura melancarkan serangan balik cepat. Boaz sempat menguasai bola di dalam kotak penalti. Sayang, tendangan kerasnya mampu dibendung bek Persela, Wallace Costa. Meski bola terlihat mengenai tangan Wallace, wasit tak menunjuk titik putih.

Pergantian pemain langsung dilakukan di kubu Persela di menit ke-14. Moch Fami Al Ayyubi tak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera usai dilanggar Imanuel Wanggai. Dendi Sulistiawan masuk sebagai penggantinya.

Peluang emas sempat didapat tim Mutiara Hitam di menit ke-19. Hilton Moreira sudah mengarahkan bola ke gawang Persela kawalan Dwi Kuswanto. Sayang, ia dianggap sudah dalam posisi offside kala menerumpa operan Boaz.

Di menit ke-24, giliran Persela yang gantian menekan Persipura. Sialnya, Loris Arnaud masuk dalam jebakan offside kala menerima umpan Muhammad Guntur Triaji. Gian Zola yang melakoni debutnya bersama Persela juga berulang kali turut membantu serangan meski masih belum membuahkan hasil.

Gol sempat diciptakan kubu Persipura di menit ke-39. Berawal dari umpan silang Boaz, Hilton mampu menanduk bola ke gawang Persela. Sial bagi Persipura, gol tersebut dianulir karena dianggap terlebih dulu terjadi pelanggaran.

Pertarungan sengit terjadi hingga babak pertama berakhir. Namun, tak ada gol yang tercipta hingga skor kacamata tetap bertahan.

Babak Kedua
Permainan agresif diperagakan tim Laskar Joko Tingkir sejak awal babak kedua. Bahkan, mereka langsung memecahkan kebuntuan di menit ke-48. Adalah Dendy yang mencetak gol Persela usai menyambut assist Ahmad Birrul.

Gol itu membuat tuan rumah semakin bersemangat. Di menit ke-55, mereka sukses menggandakan keunggulan. Kecerdikan Gian Zola dalam memberikan umpan cantik mampu disambut Dendy dengan tandukannya.

Tertinggal dua gol direspon pelatih Persipura, Amilton Da Silva dengan memasukkan Addison Alves untuk menggantikan Muhammad Tahir di menit ke-57. Masuknya Addison pun langsung memberikan dampak positif bagi serangan-serangan Mutiara Hitam.

Pada akhirnya, Persipura sukses memperkecil ketertinggalan di menit ke-70. Umpan Boaz dari sisi kiri lapangan Persela dimaksimalkan Addison lewat tandukan. Gol itu meningkatkan kepercayaan diri Persipura.

Tujuh menit kemudian, tim tamu pun sukses menyamakan skor. Berawal dari tendangan keras mendatar Boaz, bola liar hasil tepisan Dwi Kuswanto sukses dimaksimalkan Hilton untuk menyamakan kedudukan. Skor 2-2 membuat tensi laga semakin memanas.

Aksi balasan-balasan gol berlanjut. Persela kembali unggul di menit ke-80. Adalah Dendy yang sukses membukukan hattricknya setelah sempat mengecoh kiper Persipura. Di sisa waktu, Persipura mencoba melakukan perlawanan. Tapi, mereka gagal mencetak gol penyeimbang hingga laga berakhir.

Susunan Pemain
Persela (4-2-3-1): Dwi Kuswanto; Arif Satria, Wallace Costa, Eky Taufik Febrianto, Moch Fahmi Al Ayyubi (Dendi Sulistiawan 14), Muhammad Guntur Triaji (Ahmet Atayew 53), Syahroni, Ahmad Subagja Basith, Gian Zola (Sugeng Efendi 60), Ahmad Birrul Walidain, Loris Arnaud

Pelatih: Aji Santoso

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman; Yohanis Tjoe, Muhammad Tahir, Yustinus Pae, Ricardo Salampessy, Bernadus Valentinus Telaubun, Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Prisca Womsiwor (Todd Rivaldo Ferre 82), Hilton Moreira, Boaz Solossa

Pelatih: Amilton Da Silva Oliveira

loading...

1 Comment

Comments are closed.