Srdjan Ostojic, Kiper Andalan Baru Arema FC yang Kuasai Bahasa Multinasional

Srdjan Ostojic menjadi salah satu muka baru yang ikut meramaikan sepak bola Tanah Air. Kiper kebangsaan Serbia itu memulai lembaran baru dalam karirnya saat bergabung dengan Arema FC di pertengahan musim kompetisi Liga 1 2018.

Selain handal dalam menepis bola serangan lawan di bawah mistar gawang, sosok Srdjan Ostojic ternyata punya sisi lain yang menarik. Sepanjang 13 tahun karirnya di sepak bola profesional, kiper berpostur 193 cm itu sudah merasakan kompetisi di lima negara berbeda. Hebatnya, Ostojic mampu dengan cepat beradaptasi, salah satunya melalui bahasa nasional di setiap klub yang dibelanya.

“Saya pikir adaptasi tidak terlalu sulit. Di sini (Indonesia), saya memulai itu dengan Bahasa Inggris dan teman-teman tampaknya juga paham,” beber Oky, sapaan karibnya di hadapan awak jurnalis.

Selain Bahasa Inggris dan Serbia (negara kelahirannya), Oky juga mengaku bisa berbahasa Rusia. Tak ayal, ia pun termasuk pemain yang memiliki karakter istimewa, lewat bahasa multi nasional yang dipelajarinya.

“Bahasa Rusia saya pakai saat dulu bermain di Kazakhstan dan Belarusia (dua negara yang merupakan pecahan Uni Soviet). Ya memang tidak banyak, tapi paham maksudnya,” imbuh Oky.

Lantaran saat ini dia membela klub Indonesia, apakah Oky sudah mulai belajar Bahasa Indonesia? Terlebih, rekan setimnya di Arema ada yang masih belum paham Bahasa Inggris.

“Sudah mulai bisa. Oke, saya mulai lewat hitungan angka dalam Bahasa Indonesia. Satu, Dua, Tiga, Empat, Lima, Enam, dan angka selanjutnya saya perlu belajar lagi,” katanya sambil tersenyum.

Kiper berusia 35 tahun itu memang menjadi pemain yang sarat pengalaman di skuat Arema FC saat ini. Mengawali karier junior di Akademi klub Zeleznicar, Oky justru memulai karier profesionalnya bersama klub pesaing di Liga Utama Serbia, yaitu Sindjelic Belgrad pada musim 2006.

Enam tahun bermain di kompetisi domestik, Oky melanjutkan karier di Liga Belarusia dengan membela klub Soligorsk. Dua kompetisi di negara lain juga dijajalnya, yaitu dengan membela Drina Zvornik di Liga Bosnia serta klub Akzhayik Liga Utama Kazakhstan.