Suporter Sriwijaya FC Rusuh, Stadion Jakabaring Harus Kembali Direnovasi Jelang Asian Games

Kekalahan Sriwijaya FC dari tim tamu Arema FC pada laga lanjutan kompetisi Liga 1 musim 2018 diwarnai dengan insiden kericuhan.

Dalam duel yang dihelat di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Sabtu (21/7/2018), sejumlah oknum penonton mengungkapkan rasa kekecewaannya dengan aksi yang tak terpuji.

Sejumlah suporter mengamuk dan merusak kursi stadion. Diduga, kejadian ini dipicu oleh kekalahan tim tuan rumah dari Arema FC dengan skor yang telak, 0-3.

Dilansir dari Kompas.com, insiden itu terjadi pada menit terakhir pertandingan.

Para suporter yang mengamuk itu pun langsung melucuti kursi stadion dan melemparkannya ke arah polisi yang sedang berjaga.

Alhasil, para petugas langsung mencoba meredam amarah suporter. Namun upaya itu tak membuahkan hasil hingga ratusan kursi di stadion dirusak dan dilemparkan keluar.

Menurut penuturan Pengawas PT Jakabaring Sport City (JSC), Rusli Nawi, sebanyak 335 kursi yang berada di tribune utara dan selatan mengalami kerusakan.

Rinciannya, 231 kursi di tribune utara serta 104 kursi di tribune selatan.

Padahal, Stadion Gelora Sriwijaya merupakan salah satu venue Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang.

“Kami kecewa atas ulah suporter dengan merusak kursi stadion, karena kita akan menghadapi Asian Games. Semua kursi penonton itu mengalami rusak berat,” kata Rusli seperti dikutip BolaSport.com dari Kompas.com.

Masalahnya, kursi yang digunakan di Stadion Gelora Sriwijaya tak dijual di Indonesia.

Pihak pengelola stadion harus mendatangkan kursi tersebut dari luar negeri.

“Kursinya tidak dijual di Indonesia, semuanya dipesan dari luar. Ketakutan kami jika ada yang rusak parah, sulit untuk membelinya karena butuh proses yang lama sementara Asian Games tinggal beberapa hari lagi,” ujar Rusli.

Malapetaka kembali menghampiri Sriwijaya FC. Selepas terjadi eksodus besar-besaran di tubuh skuatnya, mereka harus menanggung malu saat dihajar tamu terbarunya Arema FC pada laga pekan ke-17 kompetisi Liga 1 musim 2018.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang, Sabtu (21/7/2018), Sriwijaya FC takluk dari Arema FC dengan skor telak 0-3.

Tiga gol kemenangan Arema FC disumbangkan oleh Ridwan Tawainela pada menit ke-51, Rivaldi Bawuo (65′), dan Ahmad Nur Hardianto (77′).