Nekat Ke Magelang, Ratusan Bonek Dipulangkan Polisi

Imbauan untuk tidak datang ke Magelang tampaknya tak didengarkan oleh ratusan Bonek yang memaksa datang demi menonton PSIS vs Persebaya. Oleh karenanya para Bonek mendapat hadiah dari pihak kepolisian.

Polisi Resort (Polres) Kota Magelang terpaksa memulangkan ratusan Bonek yang kedapatan nekat datang ke Stadion Madya, Jawa Tengah. Pasalnya pertandingan tersebut digelar tanpa suporter tim tamu.

“Sesuai dengan tabulasi sejak kemarin (Sabtu) hingga pagi tadi (Minggu), telah 362 Bonek yang harus kami pulangkan. Rinciannya, Sabtu kami memulangkan 180 orang dan Minggu 182 orang,” terang Kapolres Magelang AKBP Kristianto, Minggu (22/07/18).

Tindakan tersebut berdasarkan perintah dari Kapolda Jawa Tengah yang tertuang dalam surat bernomor B/7333/VII/YAN.2.1/2018/Jtg 12 Juli 2018. Surat tersebut berisikan kalau pertandingan kedua tim tak boleh dihadiri suporter Persebaya.

Demi melancarkan perintah yang telah dibuat Polresta Magelang langsung melakukan penjagaan ketat di tiap perbatasan. Bahkan Polresta Magelang menerjunkan 682 personel yang disebar ke sejumlah titik.

“Untuk diketahui, kebijakan tidak menghadirkan penonton dari klub tandang adalah berdasarkan keputusan bersama antara panpel, manajer Persebaya Surabaya dan manajer PSIS Semarang,” tutur Kristanto di Mapolres Magelang.

“Manajer Persebaya Surabaya juga meminta pihak keamanan untuk tegas memulangkan bonek jika datang ke Stadion Moch Soebroto Magelang,” pungkasnya seperti dikutip Detik.

Perwakilan suporter Persebaya yang menamakan dirinya Arek Bonek 1927 juga memberikan imbauan sebelum hari pertandingan berlangsung. Berdasarkan sejumlah keputusan perwakilan tersebut menghormati hal tersebut

“Keluarga besar Bonek menghormati keputusan dari Kapolda Jawa Tengah. Kami menghimbau kepada keluarga besar Bonek untuk tidak datang ke Magelang,” terang perwakilan Bonek Tulus.

“Tetapi kami tidak bisa melarang siapapun yang ingin bersilaturahim ke teman-teman PSIS, baik Panser maupun Snex, bahwa mereka datang dengan niatan baik ke Magelang” pungkasnya.

1 Comment

  1. Bonek TIDAK hanya orang surabaya.. dan ini olah raga rakyat, solusinya keamanan yg baik a/mempersilahkan semua datang dan menjamin keamanannya.
    KALO penonton dianggap sebagai biang masalah BERARTI keamanan belum Mampu dan harus diedukasi…jangan hanya penonton yang diedukasi !

Comments are closed.