Fakhri Husaini Menilai Masih Ada Celah di Timnas Indonesia U-16

Gawang Timnas Indonesia U-16 tak kebobolan saat uji coba melawan Asifa Malang, di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat malam (20/7/2018). Meski ada perkembangan bagus dari tim asuhannya, pelatih Fakhri Husaini menilai masih ada celah di barisan pertahanan timnya.

“Meski tidak kebobolan, saya mencatat dalam beberapa kali momen, ada pemain yang tidak berada pada posisinya. Tentu hal ini harus saya perbaiki sebelum tampil di Piala AFF U-16,” tutur Fakhri.

Menurut Fakhri, penampilan Timnas Indonesia U-16 pada uji coba kali ini ini belum sesuai harapannya. Sebab, lawan yang akan dihadapi di Piala AFF U-16 2018 bakal lebih kuat, lebih garang dibandingkan Asifa.

Timnas Indonesia U-16 bakal berada satu grup dengan dua tim kuat, yakni Vietnam dan Myanmar, di Grup A. Myanmar adalah jawara Piala AFF U-15 pada 2017.

“Ini menjadi pekerjaan rumah saya. Saya akan terus mengevaluasi dan membenahi kekurangan tim ini sampai menjelang tampil di Piala AFF U-16 akhir Juli nanti,” jelas Fakhri.

Kendati begitu, bagi Fakhri, minimal anak buahnya mendapatkan atmosfer pertandingan saat turnamen Piala AFF U-16 sudah dekat seperti saat ini. Sang nakhoda juga mengaku mendapatkan catatan untuk semua aspek, mulai fisik, taktik, teknik, dan mental.

Satu hal yang menurut Fakhri apresiasi di pertandingan uji coba ini adalah kemampuan pemain memanfaatkan bola-bola mati yang didapat. “Kami memiliki beberapa pemain berpostur tinggi. Tiga gol kami lahir dari bola-bola mati dengan memanfaatkan kelebihan postur itu,” tuturnya.

Baginya, kemampuan ini merupakan modal bagus bagi Timnas Indonesia U-16 sebelum tampil di Piala AFF U-16 2018, yang digelar mulai 29 Juli hingga 11 Agustus 2018.