Barito Putera Vs Persib: Memburu Juara Paruh Musim

Persaingan memperebutkan juara paruh musim Gojek Liga 1 bersama Bukalapak sangat ketat. Saat ini, hingga Minggu pagi (22/7/2018), PSM Makassar ada di puncak klasemen sementara dengan poin 28 diikuti Barito Putera di posisi kedua dengan poin 27.

Alhasil, laga kandang melawan Persib Bandung di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Minggu (22/7/2018), akan dimaksimalkan oleh tuan rumah untuk meraup tambahan tiga poin.

Hanya, kendati tampil di kandang sendiri, Barito diprediksi tak akan mudah meraih kemenangan. Pasalnya, Persib juga ingin menang lantaran juga punya kans menduduki puncak klasemen.

Apalagi, tim Maung Bandung punya satu laga sisa lebih banyak ketimbang Barito dan tim pesaing lain di papan atas. Jika bisa memenangi dua laga sisa, poin Persib menjadi 31, dan keluar sebagai paruh musim. Dengan catatan, PSM kalah dari PSMS Medan di laga pekan ke-17, Senin (23/7/2018).

“Pertandingan pasti akan menarik karena posisi kedua klub dalam liga cukup ketat. Ada empat tim yang berpeluang akhir posisi juara paruh musim. Misi kami sama dengan tim lainnya. Mudah-mudahan kami bisa mengakhiri pertandingan terakhir di putaran pertama dengan baik,” harap pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Meski laga kontra Persib cukup krusial, Jacksen mengaku tak mempersiapkan tim asuhannya secara khusus. Menurutnya, tim besutannya akan tetap bermain seperti biasanya.

“Persiapan sama seperti musim kemarin, karena kami punya ciri khas dalam bekerja dengan harapan, pemain bisa menjalankan pertandingan dengan baik,” kata Jacksen.

Kendati begitu, ia tetap mempelajari kekuatan tim lawan. “Saya sudah berikan kepada pemain saya, apa yang harus diwaspadai. Proses pertahanan dan menyerang, aspek itu yang akan kami perhatian,” tuturnya.

Pelatih asal Brasil ini yakin pasukannya bisa bermain dengan baik dan mengalahkan Persib dengan motivasi bisa menutup putaran pertama Liga 1 2018 di posisi puncak.

“Prestasi melawan Persib menjadi motivasi bagi pemain untuk menjalankan tugas dengan baik. Dan kami cukup konsisten selama ini. Tentunya ini akan menjadi pertandingan yang menarik,” lanjutnya.

Dari kubu tamu, Persib sangat mewaspadai beberapa pemain kunci tim tuan rumah. Namun, pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, enggan membocorkan siapa pemain kunci Barito Putera yang harus diwaspadai pasukannya.

Yang jelas, kata Yaya, Barito memiliki pemain kunci yang membuat mereka tak terkalahkan di kandang sendiri.

Yaya mengungkapkan pihaknya memiliki tim analis bagaimana performa tim Barito Putera ketika bermain di kandang sendiri, dan selama ini, tim berjulukan Laskar Antasari tersebut merupakan tim yang kuat serta memiliki perkembangan bagus di Liga 1 2018.

“Tapi, tentunya kami memiliki persiapan lumayan cukup sehingga bisa mempersiapkan tim dengan maksimal. Dari 21 pemain yang kami bawa, sudah kami siapkan siapa yang akan dimainkan nanti,” ucapnya.

“Yang jelas, target kami ingin menang di setiap pertandingan, baik tandang maupun kandang, agar di putaran pertama ini kami bisa berada di papan atas klasemen sementara Liga 1,” imbuh Yaya.

Prakiraan Susunan Pemain

Barito Putera (4-4-2): Adhitya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, Rony Esar Beroperay, Aaron Michael Evans, Dandi Maulana Abdulhak (belakang); Matias Jesus Cordoba, Hansamu Yama Pranata, Paulo Oktavianus Sitanggang, Douglas Ricardo Packer (tengah); Juan Pablo Pino Puello, Samsul Arif Munif (depan)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Persib (4-4-2): M. Natshir (kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Indra Mustafa, Ardi Idrus (belakang); Febri Hariyadi, Oh In-kyun, Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar (tengah); Ezechiel N’douassel, Jonathan Bauman (depan)

Pelatih: Mario Gomez