Persebaya Jadi Tim dengan Kekalahan Paling Sedikit di Putaran Pertama Liga 1

Satu catatan menarik dimiliki oleh Persebaya sampai pekan ke-16 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar. Mereka menjadi tim dengan jumlah kekalahan paling sedikit, sebanyak tiga kali saja.

Dari 15 pertandingan, klub berjulukan Bajul Ijo itu mengoleksi 22 angka dan menduduki peringkat 11 klasemen sementara. Persebaya memang masih punya satu laga tunda menjamu Persib Bandung yang bakal digelar 26 Juli 2018.

Selain membukukan kekalahan paling sedikit, Persebaya juga patut disebut sebagai Tim “Raja Imbang”. Sebab, mereka meraih tujuh kali satu poin dalam pertandingan dan itu merupakan jumlah imbang terbanyak yang dimiliki klub Liga 1.

Melihat data tersebut, pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera memiliki pendapat. Dia menilai ada kecenderungan untuk beberapa pertandingan yang memang gagal dia menangkan.

“Ada pertandingan yang bisa kami nilai positif. Ada yang kami nilai harus menang. Tapi terkadang juga perlu dinilai ada kekurangan karena gagal meraih tiga poin. Kalau tidak bisa menang, mungkin terjadi kesalahan pada kami,” kata Alfredo, Kamis (19/7/2018).

Dari tujuh hasil seri, sebanyak lima di antaranya didapat saat melakoni partai tandang. Bahkan, klub yang berdiri pada 1927 itu pernah mendapat tiga hasil seri secara berturut-turut.

“Kami selalu masuk lapangan untuk menang. Kami bisa mendapat banyak seri di tandang karena saya juga ingin selalu dapat poin di tandang,” imbuh pelatih asal Argentina itu.

Alfredo pun menjelaskan, sebagai pelatih dia ingin tim arahannya bisa terus meraih kemenangan di setiap laga. Namun, banyak sekali kondisi yang memaksanya untuk melakukan perubahan sehingga gagal menang.

Satu di antaranya adalah silih bergantinya pemain yang harus masuk meja perawatan karena cedera. Hal itu cukup menghalanginya untuk meneruskan tren positif yang diraih oleh timnya.

Saat ini, Bajul Ijo tengah mengukir catatan apik dalam dua laga kandang terakhir. Mereka selalu berhasil menang dan tanpa kebobolan, masing-masing menang 1-0 atas Bali United (7/7/2018) dan 2-0 atas PSMS Medan (18/7/2018).