Main di Langit pun Egy Akan Dipanggil Timnas

Main di luar negeri tak akan jadi halangan Egy Maulana Vikri untuk memenuhi panggilan timnas Indonesia. Sekali pun Egy main di langit, ia akan tetap dipanggil.

Hal tersebut diungkapkan oleh pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri. Indra memastikan akan tetap melibatkan Egy di Piala Asia U-19 2018 yang akan digelar di Indonesia pada 18 Oktober hingga 4 November.

Egy sebelumnya masuk ke dalam skuat timnas U-19 di Piala AFF U-19. Namun, Egy tak bisa langsung bergabung dengan timnas karena masih berlatih di klubnya, Lechia Gdansk. Egy akhirnya baru membela timnas U-19 di babak semifinal ketika Indonesia dikalahkan Malaysia lewat adu penalti.

Untuk persiapan Piala Asia U-19, Indra berencana memanggil para pemain enam pekan sebelum turnamen. Ia tak masalah kalau Egy tak bisa mengikuti pemusatan latihan secara penuh karena harus membela klubnya.

Bagi Indra, yang penting Egy tampil untuk Indonesia di Piala Asia U-19 saat turnamen sudah dimulai.

“Saya sudah bilang tadi kalau dia main di klub, saya hanya butuh enam minggu. Tapi kalau di regulasi statuta FIFA pemain yang main di luar negeri kami tidak bisa panggil. Tapi saya tidak masalah, tapi jangan seperti kemarin dua hari sebelum semifinal,” ungkap Indra di Jakarta, Kamis (19/7/2018).

“Saya juga akan share program saya ke pelatih Lechia nanti apa dan kapan dan di mana dia (Egy) akan bergabung. Walaupun bentrok, sudah diatur dalam statuta FIFA, Egy wajib hadir dua minggu sebelumnya,” imbuhnya.

“Jadi dia bermain di mana pun untuk timnas saat negaranya memanggil, dia harus datang, tidak bisa tidak. Mau di langit pun saya akan panggil. Dia ditaruh di klub itu untuk kepentingan nasional, itu sudah ada kesepakatan di dunia,” tegas Indra.