Raphael Maitimo dan OK John Datang, Reky Rahayu Tersingkir dari Persebaya

Persebaya Surabaya secara resmi mencoret satu penjaga gawang di jendela transfer putaran kedua Gojek Liga 1 bersama Bukapalak. Kiper Reky Rahayu dipastikan tidak akan berseragam klub berjulukan Bajul Ijo itu lagi.

Kabar ini terbilang tidak mengejutkan mengingat dia sudah absen dalam beberapa latihan tim. Apalagi, dia juga tidak diturunkan di Liga 1 2018.

“Reky kami lepas bukan karena performanya kurang, tapi agar dia mendapat kesempatan bermain yang lebih banyak. Pada dasarnya empat kiper yang ada semuanya siap untuk bermain,” ujar Miftahul Hadi, pelatih kiper Persebaya.

Keputusan moncoret Reky diyakini disebabkan kehadiran dua pemain anyar Persebaya, Raphael Maitimo dan OK John. Kehadiran keduanya menjadikan Persebaya memiliki 31 pemain dalam tim.

Padahal, PT Liga Indonesia Baru sebagai operator kompetisi hanya membolehkan 30 pemain saja yang dimiliki oleh setiap klub Liga 1 2018. Dengan pencoretan Reky, kuota itu bisa sesuai dengan regulasi.

“Reky kami lepas karena tim membutuhkan penambahan kekuatan di posisi lain karena saat ini di posisi penjaga gawang sudah cukup untuk mengarungi sisa kompetisi Liga 1,” ucap Angel Alfredo Vera, pelatih Persebaya.

Tidak ada kiper pengganti yang bakal didatangkan Persebaya. Sebab, klub yang berdiri pada 1927 itu sudah memiliki tiga kiper, yaitu Miswar Saputra, Dimas Galih, dan Alfonsius Kelvan.

“Saya ucapkan terima kasih atas kontribusinya terhadap Persebaya dan pernah menjadi bagian dari keluarga tim ini. Semoga sukses terus dan tetap menjadi penjaga gawang yang gemilang,” imbuh Alfredo.