Persebaya Ingin Raphael Maitimo dan OK John Menularkan Pengalaman

Keputusan Persebaya Surabaya mendatangkan Raphael Maitimo dan OK John memiliki misi yang jelas. Klub berjulukan Bajul Ijo itu ingin kembali bersaing di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar.

Tetapi, manajer Persebaya, Chairul Basalamah, menyebutkan pihaknya punya tujuan lain. Dia ingin dua pemain tersebut menularkan banyak pengalaman dan pelajaran kepada pemain muda Persebaya.

“Sebelumnya, sebagian besar pemain kami belum memiliki banyak jam terbang di Liga 1. Kami ingin, Maitimo dan OK John memberikan pengalaman baru untuk pemain muda supaya lebih bersemangat,” kata Chairul.

Dari segi usia, Maitimo dan OK John, yang memasuki usia 34 tahun, menjadi yang tertua di skuat Persebaya saat ini. Mereka mengungguli kapten tim, Rendi Irwan, yang berusia 31 tahun.

Selain itu, dua pemain tersebut selama ini dikenal sebagai wajah lama di sepak bola Indonesia. OK John sudah berkiprah di Indonesia sejak 2005, sementara Maitimo meramaikan kompetisi Tanah Air mulai 2010.

Jika dibandingkan, mayoritas pemain Persebaya lainnya, kalah pengalaman. Dari 29 pemain, sebanyak 17 pemain di antaranya merupakan anggota skuat musim lalu saat berkompetisi di Liga 2 2017.

Bahkan 11 pemain di antaranya masih berusia di bawah 25 tahun dan belum berpengalaman di kasta tertinggi. Kondisi itu sempat dibantu dengan kehadiran beberapa nama seperti Robertino Pugliara, Otavio Dutra, David da Silva, Nelson Alom, Ruben Sanadi, dan Feri Pahabol.

“Kami ingin seluruh pemain Persebaya bisa belajar satu sama lain karena memang banyak pemain muda. Saya berharap mereka bisa berbagi dengan pemain yang sudah senior dan pengalaman seperti Maitimo dan OK John,” imbuh Chairul.

loading...