Indra Sjafri: Target Timnas Indonesia U-19 Masuk Piala Dunia

Tantangan berat bakal dihadapi Timnas Indonesia U-19 setelah finis di peringkat ketiga di Piala AFF U-19 2018. Tim Garuda Nusantara bakal tampil di Piala AFC U-19 2018 yang diselenggarakan mulai 18 Oktober hingga 4 November 2018 di tiga kota di Indonesia.

Di ajang tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mematok target lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Hal itu berarti, Garuda Nusantara ingin masuk ke semifinal atau empat besar untuk bisa mendapat jatah tersebut.

“Target besar kami dapat lolos ke Piala Dunia U-20 melalui Piala AFC. Ajang ini semakin jelas bagi kami, tim pelatih, untuk mengetahui komposisi terbaik atau gambaran pemain-pemain yang nantinya akan dibawa ke Piala AFC nanti,” ungkap Indra.

Dalam sejarah Piala Dunia U-20, Indonesia hanya pernah tampil sekali, yaitu pada edisi 1979 di Jepang. Terakhir, peluang untuk kembali berpartisipasi di ajang tersebut sempat muncul pada 2014.

Saat itu, Timnas Indonesia U-19 yang dipimpin Evan Dimas juga Tampil di Piala AFC 2014 di Myanmar. Hanya, Indonesia bahkan gagal lolos dari fase grup yang juga berisikan Australia, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan.

Setelah Piala AFF U-19 2018, Timnas Indonesia U-19 punya waktu sekitar 2,5 bulan untuk melakukan persiapan menuju Piala AFC U-19 2018. Indra mengaku bakal mengadakan pemusatan latihan selama rentang waktu tersebut agar semakin matang.

“Kami punya waktu dua setengah bulan untuk mempersiapkan tim ini jadi lebih siap dari yang sekarang. Kami berharap semua pemain juga siap dan mendapat izin dari klub masing-masing,” imbuh Indra.