Semen Padang Harus Kurangi Ketergantungan pada Pemain Senior

Menyikapi kondisi terkini di tim Semen Padang, pelatih Syafrianto Rusli harus mengurangi ketergantungan kepada pemain-pemain senior saat tantangan ke depan akan semakin berat dan ketat.

Saat ini, Semen Padang memiliki tiga pemain senior yang usianya di atas 30 tahun. Mereka adalah kapten Hengky Ardiles (37), Ngurah Nanak (32), dan Rahmat Afandi (34). Satu pemain lainnya yang mendekati 30 adalah gelandang bertahan Rudi (29).

Sementara pemain lain yang tergolong senior adalah Agung Prasetyo, Irsyad Maulana, Ananias Fingkreuw, Manda Cingi, Ahmad Mahrus Bachtiar, Leo Guntara, dan Mardiono. Semuanya dalam kisaran usia 25-27 tahun.

Tetapi dalam beberapa pertandingan terakhir, para senior ini mulai menunjukkan grafik menurun. Selain faktor usia yang menjadi halangan, juga rentan cidera dan halangan lainnya.

Bahkan dalam dua pertandingan terakhir, Syafrianto tak menurunkan striker senior Rahmat Afandi. Selain alasan kesiapan si pemain, juga masalah non teknis lainnya.

Hengky juga tak masuk daftar line-up pada laga pamungkas kontra Persiraja.

Hengky mengalami cidera saat pertandingan tandang sebelumnya melawan Persik Kendal. Sedang Rahmat juga dinilai belum dalam kondisi terbaik, selain konsentrasinya yang terbagi untuk mengikuti kursus kepalatihan C AFC.

Tetapi, pemain senior lain seperti Ngurah Nanak dan Rudi masih menjadi andalan di lini pertahanan.

Kondisi inilah yang mengharuskan pelatih Syafrianto untuk mengurangi ketergantungan kepada kedua pemain senior tersebut.

Termasuk saat menjamu Aceh United di Stadion Agus Salim, Padang, Sabtu (14/7/2018).

“Ya, kami harus menyikapi kondisi yang ada tanpa harus fokus memikirkan keadaan mereka. Pemain yang ada siap menggantikan posisi mereka yang tak bisa turun,” ucap Syafrianto.