Kehadiran Hamka Hamzah Membuat Arema Urung Meminjam OK John

Bergabungnya bek senior Hamka Hamzah ke Arema FC membuat kabar peminjaman pemain naturalisasi Onorionde Kughegbe John dari Madura United berakhir. Hal ini lantaran Arema sudah memiliki jenderal baru di lini belakang. Sementara, OK John semula akan ditempatkan di posisi tersebut jika jadi dipinjam Arema.

“Sekarang sudah ada Hamka. Jadi, tidak ada rencana lagi untuk OK John. Tapi, dia kan tidak hanya ditawarkan untuk Arema. Ada juga klub lain (PSMS Medan),” kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Kabar merapatnya OK John ke Arema santer setelah manajer Madura United, Haruna Soemitro, angkat bicara. Dia mengaku akan meminjamkan pemain 34 tahun itu ke Arema atau PSMS.

Namun, Arema lebih memilih Hamka karena dia merupakan sosok leader di lini belakang dan pernah jadi bagian dari Arema musim 2016 sehingga tidak perlu waktu lama lagi untuk adaptasi. Di Sriwijaya FC, dia juga masih jadi kapten tim sehingga selalu jadi pemain inti.

Selain itu, faktor Aremania juga jadi pertimbangan tersendiri. Suporter fanatik Arema tersebut kurang setuju dengan kehadiran OK John karena permainan pemain kelahiran Nigeria ini dinilai sudah mengalami penurunan. Di Madura United, dia sering jadi cadangan.

Padahal, saat membela beberapa klub seperti Persiwa Wamena, Persik Kediri, dan beberapa klub lamanya, OK John dikenal sebagai bek yang tangguh. Tetapi, sekarang fisiknya terlihat tidak sekukuh dulu sehingga posisinya di Madura United juga sering digeser sebagai gelandang bertahan. Di sektor stoper Madura United sudah ada Fabiano Beltrame dan Fachruddin Ariyanto.

Berbanding terbalik dengan Hamka Hamzah. Dia sangat diterima Aremania sehingga kedatangannya juga bisa meningkatkan animo suporter untuk datang langsung ke Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Selain itu, dia juga dekat dengan Aremania.

“Arema tidak banyak merekrut pemain pada putaran kedua. Ada 4-5 saja, sesuai kebutuhan pelatih. Mereka ingin maksimal dengan skuat yang tidak terlalu gemuk,” jelas Ruddy.

loading...