Piala Menpora U-14 dan U-16 Seri Provinsi Mulai Digelar

Kemenpora kembali menggelar Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 Piala Menpora, sebagai penegas komitmen untuk melakukan pembinaan sepakbola usia dini.

Kick-off Liga Sepakbola Pelajar U-14 dan U-16 digelar di seri provinsi Bangka Belitung (Babel) di Muntok Bangka Barat, Selasa (10/7/2018) sore. Bekerja sama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung, ada belasan tim yang akan ambil bagian.

Menuurut Panitia Pelaksana Provinsi Babel M Panji ada total 12 tim yang ikut serta. Masing-masing enam tim di U-14 dan U-16 yang telah terpilih tampil di seri provinsi. Mereka adalah juara di masing-masing kabupaten yang ada di Bangka Belitung.

“Liga Sepakbola Pelajar ini ada 2 kategori usia U-14 dan U-16, diikuti tim yang telah lolos di liga tingkat kabupaten/kota. Ada 12 tim yang akan bertanding memperebutkan Piala Mempora 2018, medali dan hadiah uang pembinaan total Rp 50 juta untuk semua kategori. Pemenang liga seri provinsi ini akan dikirim ke seri nasional di Bali pada 3-7 September nanti,” katanya.

Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kemenpora Alman Hudri, yang akan hadir mewakili Menpora Imam Nahrawi, menegaskan bahwa kejuaraan itu digelar sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam pembinaan usia dini untuk mencari bibit-bibit pesepakbola muda.

“Ini adalah bentuk usaha kami untuk menjalankan tugas pembinaan dan mendapatkan bibit sepak bola untuk Indonesia ke depan,” ujar Alman.

Liga Mahasiswa seri Bangka Belitung juga akan digulirkan mulai hari Selasa (10/7). Ajang yang memperebutkan Piala Menpora tersebut baru kali pertama dihelat di provinsi yang dulunya masuk bagian Sumatera Selatan. Dari tujuh universitas yang ada, lima tim memastikan ambil bagian yaitu Universitas Negeri Babel, STAIN Abdurrahman Sidiq, STKIP Muhammadiyah, Politeknik Manufaktur PT Timah, dan Pertiba.