Timnas Indonesia U-19 Siapkan Skema Adu Penalti untuk Hadapi Malaysia

Timnas Indonesia U-19 bakal berjumpa dengan Malaysia dalam semifinal Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (12/7/2018). Pelatih Indonesia, Indra Sjafri tampak bersungguh-sungguh untuk memenangkan pertandingan ini.

Itu dibuktikan dengan keputusan mengganti venue latihan dari Stadion Jengholo ke Stadion Gelora Delta, Rabu sore (11/7/2018). Latihan kali ini juga digelar secara tertutup.

Skuat Garuda Nusantara punya catatan kurang apik dalam menghadapi semifinal Piala AFF U-19. Tahun lalu, mereka kalah lewat babak adu penalti oleh Thailand.

Indra Sjafri mengaku telah menyiapkan latihan penalti untuk anak asuhnya. “Siap, (penalti) sudah dilatih. Mudah-mudahan ada manfaat untuk kami,” kata pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Babak adu penalti musim lalu terjadi setelah mereka bermain imbang 0-0 denhan Thailand pada waktu normal dan babak perpanjangan waktu. Saat itu, terjadi insiden yang kurang mengenakkan bagi Indonesia.

Pemain sayap Saddil Ramdani mendapat kartu merah sehingga Indonesia harus bertanding dengan 10 pemain saja.

Sialnya, terdapat tiga eksekutor penalti yang gagal menceploskan bola ke gawang Thailand, yaitu Luthfi Kamal, Nurhidayat, dan Rifad Marasabessy.

Timnas Indonesia U-19 sejauh ini telah mencetak 11 gol sejak babak penyisihan Piala AFF U-19. Sementara, Malaysia yang menjadi juara Grup B hanya mencetak enam gol.