Terinspirasi Fans Jepang, Persib Kampanyekan #BobotohBebersih

Fans timnas Jepang mencuri perhatian di Piala Dunia 2018 berkat kebiasaan bersih-bersihnya. Hal itu sudah membuat Persib Bandung terinspirasi.

Usai memberikan semangat kepada Samurai Biru dalam setiap pertandingannya di Piala Dunia 2018, suporter Jepang tidak pernah absen memunguti sampah-sampah di stadion. Kebiasaan itu lanjut bahkan setelah tim kesayanganya tersingkir di babak 16 besar.

Nah, hal positif serupa juga sudah dilakukan ribuan Bobotoh, fans Persib, yang memunguti sampah di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) usai laga melawan PSIS Semarang. Mereka lalu membuangnya ke trash bag yang telah disediakan panpel Persib.

Menurut Direktur PT PBB (Persib Bandung Bermartabat) Teddy Tjahjono, saat ini pihaknya memang sedang menggalakkan aksi bersih-bersih semacam itu kepada para suporternya, demi menciptakan budaya yang positif.

“Yang pertama melihat suporter Jepang, kami terinspirasi untuk memulai kampanye kebersihan di stadion. Kami mulai kampanye kebersihan ini mulai pertandingan Persib vs PSIS dengan slogan #BobotohBebersih,” ujar Teddy kepada pewarta, Selasa (10/7/2018).

“Kami fasilitasi kampanye kebersihan ini dengan menyediakan trash bag di stadion. Kami harapkan kampanye kebersihan ini bisa berjalan terus dan memberikan budaya baru untuk Bobotoh.”

“Kami berharap bisa mengajak Bobotoh untuk berpartisipasi dalam kampanye bersih ini baik di pertandingan kandang maupun tandang,” katanya menuturkan.