Harga Naik, Penjualan Tiket Semifinal Piala AFF U-19 Dibatasi

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menaikkan harga tiket babak semifinal Piala AFF U-19 2018. Kenaikan berlaku untuk semua kategori, mulai dari kategori Ekonomi, Utama, hingga kategori VIP.

Harga tiket kategori Ekonomi yang semula Rp. 30 ribu per lembar dilepas dengan harga Rp. 50 ribu per lembar. Untuk kategori Utama mengalami kenaikan Rp. 40 ribu, menjadi Rp. 100 ribu per lembar.

Sedangkan kategori VIP yang semula Rp. 100 ribu per lembar, naik lima puluh persen menjadi Rp. 150 ribu per lembar. Harga tiket yang baru ini, berlaku untuk pembelian secara online maupun on the spot.

Menurut Media Officer PSSI, Bandung Saputra, kenaikan tersebut sudah sesuai rencana awal bahwa setiap fase, harga tiket akan berbeda. Dan ia mengantakan bahwa PSSI tidak berniat mengambil keuntungan atas tingginya animo masyarakat.

“Pertimbangan [menaikkan harga tiket] itu sehak lama, karena penyisihan, semifinal dan final beda. Piala Dunia aja beda kan,” kata Bandung Saputra kepada Bola.net.

“Jadi bukan karena animo penonton, atau karena aji mumpung, karena memang sudah di-planning lama bahwa penyisihan beda dengan semifinal dan final,” sambungnya.

Namun untuk distribusi tiket, PSSI mengurangi kouta tiket online dan memilih menambah kouta penjualan on the spot. Alasannya karena masyarakat lebih banyak yang memilih membeli tiket secara langsung di stadion.

“Kurang lebih 2 ribu lembar tiket dijual secara online, sisanya sebanyak 24 ribu dijual on the spot,” tambahnya.

Sayangnya tidak ada proteksi secara khusus dari PSSI untuk mencegah penjualan tiket melalui calo yang sempat bertebaran di laga sebelumnya. PSSI hanya membatasi pembelian maksimal dua tiket per orang.

“Salah satu kampanye untuk memberantas calo ya beli tiket secara online di Bukalapak, atau on the spot langsung di loket box stadion,” pungkasnya. (top/pra)