Bhayangkara FC Vs Persebaya: Memenangi Pertemuan Bersejarah

Pertemuan bersejarah bakal terjadi pada pekan ke-15 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang ditayangkan Indosiar. Bhayangkara FC untuk kali pertama bakal bersua dengan Persebaya Surabaya di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Hal ini terkait dengan problem dualisme yang pernah menerpa di antara keduanya. Bhayangkara FC pernah memakai nama ‘Persebaya’ untuk berkompetisi, sementara Persebaya justru tidak diakui sebagai anggota PSSI.

Saat ini, keduanya telah berkompetisi dengan nama dan tim yang berbeda. Selain dualisme, ini juga merupakan pertemuan antara dua tim dengan status sebagai juara Liga Indonesia.

Bhayangkara FC berstatus sebagai juara bertahan Liga 1 atas raihannya musim lalu. Sedangkan Persebaya, tim promosi yang berhasil menjuarai Liga 2 2017.

Sebagai juara bertahan, Bhayangkara FC cukup percaya diri menjamu Persebaya. Apalagi, The Guardians juga sedang diliputi tren bagus menyusul hasil apik dalam lima laga terakhir yang tak terkalahkan.

Skuat asuhan pelatih Simon McMenemy itu bahkan meraup kemenangan dalam empat pertandingan terakhir tanpa kebobolan satu gol pun.

“Kami bermain dengan percaya diri tinggi menghadapi Persebaya. Laga ini akan jadi pertandingan yang seru,” kata Simon.

Spirit sama diusung bintang Bhayangkara FC, Paulo Sergio. Ia bertekad memperpanjang tren positif yang sedang dialami timnya.

“Pertandingan ini akan menjadi laga yang sulit. Kami mengetahui kualitas Persebaya. Kami ingin mempertahankan performa kami yang tidak terkalahkan dalam beberapa laga terakhir. Kami juga ingin menjaga rekor bagus kami di kandang,” ujar pemain asal Portugal itu.

Jika tuan rumah ingin mempertahankan catatan bagus dari lima laga terakhir, tim tamu saat ini sedang mengejar tren positif meraih tiga poin. Sebelumnya, Persebaya berhasil mengalahkan runner-up musim lalu, Bali United (7/7/2018).

“Kami siap untuk pertandingan ini. Saya pikir semua pertandingan berat. Kami kemarin juga menang, pasti ini akan jadi pertandingan yang bagus. Kedua tim ingin menang,” kata Angel Alfredo Vera, pelatih Persebaya.

Tim berjulukan Bajul Ijo itu telah melakukan persiapan matang dengan waktu yang mepet. Hanya tiga hari saja yang dimiliki Persebaya untuk menghadapi lawannya itu.

“Persiapan bagus, meski tidak ada banyak waktu karena baru tiga hari lalu kami main. Tapi, semua pemain sudah tahu apa yang harus dilakukan. Kami selalu bermain waspada dan mengantisipasi apa yang bisa dilakukan lawan,” imbuh pelatih asal Argentina itu.

Laga ini juga menjadi pertandingan reuni bagi dua pemain Persebaya. Dua pemain asal Brasil, David da Silva dan Otavio Dutra, sebelumnya pernah berseragam Bhayangkara FC dalam masa yang berbeda.

Prakiraan Susunan Pemain:

Bhayangkara FC (4-2-3-1): Awan Setho (kiper); Putu Gede, Vladimir Vujovic, Jajang Mulyana, Alsan Sanda (belakang); Hargianto, Lee Yu-joon, Paulo Sergio, Wahyu Subo Seto, Vendry Mofu (tengah); Herman Dzumafo (depan)

Pelatih: Simon McMenemy

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, M. Syaifuddin, Andri Muliadi,(belakang); M. Hidayat, Misbakus Solikin, Robertino Pugliara (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera