Dua Kali Kebobolan, Indra Sjafri Siap Pasang Badan untuk Kiper Persib

Debut Aqil Savik bersama Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia di Piala AFF U-19 2018 berjalan kurang mulus. Penjaga gawang Persib Bandung tersebut kebobolan dua gol oleh pemain Thailand.

Terpilihnya Aqil Savik untuk mengawal mistar Garuda Nusantara di laga versus Thailand tak lepas dari kebijakan pelatih Indra Sjafri soal rotasi pemain. Aqil menjadi pemain yang mendapatkan kesempatan untuk menggantikan peran kiper utama M. Riyandi.

Sayang, debutnya Indonesia di Piala AFF U-19 2018 ternoda oleh dua gol Thailand yang dicetak Nattawut Chootiwat pada menit ke-41 dan Matee Sarakum (50′). Walaupun demikian. Indra Sjafri tetap memuji performa Aqil.

“Mungkin anak-anak kurang mau bermain dengan kiper sehingga mereka bermain diagonal dan berhadapan langsung dengan lawan. Perlu dimaklumi juga Aqil kan baru pertama kali bermain,” sebut Indra.

“Karena pressure dari Thailand dan mereka ingin memaksakan menang. Kami bikin build up (permainan) yang kurang nyaman dan itu yang membikin banyak kesalahan,” imbuh mantan pelatih Bali United ini.

Walaupun sering kewalahan ketika menghadapi serangan Thailand, Aqil bermain cukup bagus di bawah mistar gawang Indonesia. Kiper 19 tahun itu setidaknya melakukan lima penyelamatan sepanjang pertandingan.

Di sisi lain, Indra Sjafri mengungkapkan alasan tetap memainkan Nurhidayat Haji Haris sebagai bek tengah. Padahal sebelumnya Indra berujar akan mengistirahatkan sang kapten tim pada laga versus Thailand.

Indra berargumen bahwa Indonesia punya waktu istirahat selama dua hari sebelum semifinal. Selain itu, Nurhidayat dimainkan karena salah satu centre back Indonesia tidak bisa bermain lawan Thailand. “Siapapun yang (bisa) dimainkan, mereka pemain inti semua,” tutup Indra.

loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*