Semen Padang Sudah Siap Menjalani Derbi Penuh Gengsi Kontra Persiraja

Semen Padang berpeluang memperpanjang tren positif pada lanjutan Liga 2 2018 ketika menjamu Persiraja Banda Aceh di Stadion H. Agus Salim, Padang, Minggu (8/7/2018).

Sejauh ini, Semen Padang satu-satunya tim di Liga 2 2018 yang bisa mencatatkan lima kemenangan secara beruntun, baik di kandang maupun laga tandang. Secara khusus, dari dua kali bermain di hadapan publik sendiri, Hengki Ardiles dkk. selalu membukukan kemenangan.

Jika dilihat dari produktivitas, Semen Padang termasuk yang terbaik. Membobol jala gawang lawan sebanyak 10 kali dan kemasukan lima gol.

Berkaca dari kondisi terkini, kedua tim bisa dikatakan bertolak belakang. Semen Padang baru-baru ini mengalahkan tuan rumah Persik Kendal, 3-0, sementara Persiraja menelan pil pahit, dikalahkan tuan rumah Persita Tangerang 2-4 (3/7/2018).

Di klasemen sementara, Persiraja bercokol di peringkat kelima dengan koleksi 8 poin hasil dari 2 kali menang, 2 imbang, dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Duel ini merupakan partai penuh gengsi, mengingat laga tersebut merupakan ajang pembuktian tim mana yang terbaik di Pulau Sumatra. Apalagi Persiraja merupakan tim yang memiliki sejarah panjang.

Jika tim urang awak mampu mempertahankan penampilan terbaik dengan kembali memetik kemenangan, tentunya hasil tersebut bakal semakin membuka kans untuk bisa mengunci pimpinan klasemen untuk paruh musim pertama.

Jelang menghadapi Laskar Rencong, pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli, memastikan saat ini kondisi pasukannya sangat baik. Motivasi semakin berlipat pasca menggulung Persik.

Saling Memuji
Meski begitu, Syafrianto selalu mengingatkan kepada pemain untuk tidak jemawa dan menganggap remeh Persiraja.

“Pemain dalam kondisi prima dan siap menghadapi Persiraja. Mereka memahami setiap lawan yang dihadapi berbahaya dan mungkin bisa menang meski Semen Padang bermain di hadapan pendukung sendiri,” ungkap Syafrianto.

Ia menilai Persiraja tim yang berpotensi merepotkan timnya. Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan diri sebaik mungkin, baik dari strategi maupun nonteknis lainnya.

“Persiraja tim yang bagus. Mereka memiliki beberapa pemain berpengalaman. Di sana ada beberapa pemain yang pernah memperkuat Semen Padang, seperti Rahmanudin dan Defri Riski. Yang jelas, kami akan menjaga pergerakan seluruh pemain lawan jika mengancam lini pertahanan,” tambahnya.

Sementara pelatih Persiraja, Akhyar Ilyas, berharap dalam lawatan ke Padang, tim asuhannya bisa membawa pulang poin, minimal mampu menahan Semen Padang. Meski begitu, ia mengakui hal itu tidak mudah. Dibutuhkan usaha keras seluruh pemain di lapangan pada Derbi Sumatra nanti.

“Semen Padang tim bagus. Mereka memiliki pemain dengan kualitas yang hampir sama di seluruh lini. Apalagi tren penampilan mereka sangat bagus dalam lima pertandingan terakhir. Kami berharap bisa memberikan perlawanan dan berusaha membawa poin dari Padang,” tutur Akhyar.