Piala AFF U-19: Menang Tipis 1-0 atas Vietnam, Indonesia Puncaki Grup A

Timnas Indonesia U-19 meneruskan laju kemenangan di ajang Piala AFF U-19 2018. Menaklukkan Vietnam 1-0, Garuda Muda menjadi pemuncak Grup A.

Dalam pertandingan di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (7/7/2018) malam WIB, Vietnam langsung mendapatkan peluang di menit pertama. Satu umpan dari sayap kanan gagal dimanfaatkan oleh Nguyen Huu Thang. Bolanya bisa dipotong oleh kiper timnas U-19, Muhamad Riyandi.

Timnas U-19 masih belum bisa menembus pertahanan Vietnam hingga menit ke-13. Satu peluang lewat tendangan sudut terbuang sia-sa karena bisa ditangkap kiper Vietnam, Ye Li Nie.

Tendangan Witan Sulaiman di menit ke-16 masih melayang dari mistar gawang Vietnam. Muhamad Rafi Syarahil yang menjadi pencipta peluang itu.

Vietnam melewatkan peluang emas pada menit ke-28. Le Van Nam gagal meneruskan umpan terobosan, bola tendangannya bisa diantisipasi oleh Riyandi. Lima menit berselang Riyandi bisa menepis usaha Van Nam dari jarak jauh.

Hingga waktu jeda tak ada gol tercipta, papan skor masih menunjukkan 0-0 saat turun minum.

Sampai 15 menit babak kedua, pertandingan masih tanpa gol. Beberapa peluang dari timnas U-19 dan Vietnam masih belum membuahkan hasil.

Tendangan Firza Andhika pada menit ke-73 juga belum membuahkan hasil. Arah sepakan jarak jarak jauhnya masih melesat.

Kebuntuan timnas U-19 pada menit ke-81. Todd Rivaldo melakukan solo run, tendangannya membentur mistar. Muhammad Rafli Mursalim menyambut bola rebound dengan tendangan kaki kiri, yang masuk ke gawang Vietnam.

Sundulan Van Nam pada menit ke-86 juga masih menyamping. Serangan itu diawal dari sebuah umpan silang dari sayap kanan.

Umpan silang Le Minh Binh pada menit ke-89 juga masih gagal diselesaikan oleh Van Nam. Bolanya bisa dipotong oleh Riyandi.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan, Indonesia menang 1-0. Dengan tambahan poin penuh ini, Indonesia memuncaki Grup A dengan raihan 12 angka. Sementara itu, Vietnam tertahan di posisi kedua dengan koleksi tujuh angka.