Permainan Timnas Indonesia U-16 Kian Berkembang

Timnas Indonesia U-16 sudah dua kali turun dalam laga uji coba sejak menjalani pemusatan latihan di Sidoarjo. Dua lawan mereka adalah Bhayangkara U-17 (1/7/2018) dan Persida Sidoarjo U-17 (30/6/2018). Dua uji coba dilangsungkan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo.

Timnas Indonesia U-16 berhasil memenangi dua uji coba tersebut. Bhayangkara dikalahkan dengan skor 5-2, sementara Persida ditumbangkan dengan skor 6-1.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menilai permainan anak asuhnya saat ini semakin berkembang. Hal ini tentu akan menjadi modal penting tim asuhannya untuk menyongsong Piala AFF U-16 2018 yang akan digelar mulai 29 Juli di Sidoarjo.

“Beberapa hal positif yang sudah muncul adalah komunikasi semakin lebih baik sekarang. Sekarang cara transisi semakin bagus dan respons kehilangan bola juga cukup baik,” ungkap Fakhri.

Namun, dia juga masih melihat ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Satu di antaranya jarak antarlini yang dinilainya terkadang terlalu lebar sehingga kesulitan melakukan umpan pendek.

“Kami mencoba mempertahankan jarak ideal. Kemudian terlihat dari dua laga ini, finishing touch juga perlu diperbaiki. Ada banyak peluang yang terbuang sia-sia. Buat saya tidak masalah karena mereka juga masih terus berkembang,” lanjutnya.

Di Piala AFF U-16 2018, Timnas Indonesia U-16 tergabung ke Grup A yang berisikan enam tim. Selain tuan rumah, lima negara lainnya adalah Vietnam, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina.