Fakhri Husaini Yakini Timnas Indonesia U-16 Tak Langgar Regulasi

Pelatih timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini meyakini tim besutannya tidak terbentur dengan regulasi Piala AFF U-15 yang bakal digelar di Sidoarjo mulai 29 Juli.

Fakhri mengatakan, meksipun title kompetisi nantinya adalah U-15, pemain yang dimainkan sejatinya adalah yang berusia di bawah 16 tahun. Hal ini sudah dikonsulitasikan oleh Fakhri sebelum membentuk skuat, sehingga tidak mengganggu persiapan tim.

“Benar, nama kompetisinya adalah Piala AFF U-15. Tapi saya melakukan konsultasi dengan PSSI, dan dari manual kompetisi ternyata adalah pemain dengan kelahiran minimal Januari 2002, atau berusia 16 tahun. Kami memiliki pemain kelahiran 2002 dan 2003,” ungkap Fakhri.

“Regulasinya memang seperti itu. Makanya kemarin saya mencoba menyakinkan lagi apakah regulasi sudah benar. Ternyata PSSI sudah mendapatkan aturan soal tahun lahir pemain, sehingga tidak ada masalah, dan sudah bersiap dengan pemain yang sekarang ini.”

Sementara itu, soal susunan pemain, Fakhri mengaku skuatnya ini sangat terbuka. Artinya, bila ada pemain dengan kemampuan lebih baik dibandingkan skuat saat ini, maka dia bisa masuk tim.

“Penambahan bisa saja terjadi, asal pemain diusulkan dan direkomendasikan lebih baik dibandingkan yang sekarang ada. Sedangkan pencoretan saya akan menunggu hingga batas akhir entry by name di kompetisi. Jadi pemain masih terus dipantau,” jelasnya.

“Pencoretan nanti bukan karena mereka jelek, tapi lebih karena kuota pemain di turnamen. Tidak mungkin kami mendaftarkan semua pemain. Tetapi setelah AFF nanti, kami kembali menjalani pemusatan latihan. Kami akan memanggil kembali pemain yang kami coret, atau mungkin juga melakukan penambahan, karena masih ada kompetisi AFC di Kuala Lumpur bulan September.” (gk-48)

liga88
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*