Legenda Arema Bicara Keberadaan Srdan Ostojic

Kiper asing asal Serbia, Srdan Ostojic, bisa jadi membuat sejarah baru untuk Arema FC. Jika dia dikontrak, kiper 35 tahun itu akan jadi kiper asing pertama yang pernah memperkuat tim Singo Edan.

Sejak berdiri pada 1987, Arema belum pernah memiliki kiper asing. Berbeda dengan Arema Indonesia yang sempat bermain di IPL, pernah memiliki kiper asal Latvia, Denis Romanovs.

Legenda yang kini jadi asisten pelatih Arema, Kuncoro, membenarkan Ostojic bisa jadi kiper asing pertama Arema. Namun, dia tidak bisa memberikan penilaian apakah ini merupakan kemajuan atau justru kemunduran untuk Arema.

“Bagi saya tidak ada yang aneh jika memang harus ada kiper asing karena itu sesuai dengan kebutuhan tim. Kalau sekarang memang butuh, ya tidak masalah,” kata Kuncoro.

General Manager Arema, Ruddy Widodo, mengaku timnya sangat membutuhkan kiper berkualitas karena sektor penjaga gawang jadi titik lemah Singo Edan dalam 13 pertandingan yang sudah dilalui di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

“Kami sudah terlalu lama diservis dengan kiper terbaik Indonesia, Kurnia Meiga. Jadi, saat dia tidak ada, sektor kiper jadi titik lemah,” kata Ruddy.

Ruddy menambahkan saat ini hanya ada satu kiper lokal yang bisa disetarakan dengan Meiga, yaitu kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa. Namun, Arema pesimistus bisa mendatangkannya karena dia sudah jadi satu di antara icon klub ibu kota tersebut.

“Kiper lokal terbaik untuk saat ini hanya Meiga dan Andritany. Tentu sulit untuk mendapatkannya. Karena itu pelatih ingin mencoba dulu kiper asing ini (Ostojic),” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ostojic tidak ingin hanya sekadar numpang seleksi di Arema. Dia merasa sudah datang jauh dari Serbia, tentu untuk dikontrak Arema. Namun, hingga saat ini kualitasnya masih belum bisa diketahui secara langsung oleh tim pelatih.

Apalagi dalam uji coba melawan PS AD Kodam V Brawijaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (30/6/2018), dia hanya bermain dalam 10 menit terakhir dan pertahanan Arema tidak banyak dibahayakan lawan. Meski begitu, Arema akan memberikan dia kepastian pada pekan depan.