Todd Rivaldo Ferre, Talenta Brilian Papua di Timnas U-19

Nama Todd Rivaldo Albert Ferre belakangan menjadi buah bibir. Hal itu setelah dia mencetak gol saat Timnas U-19 Indonesia menggulung Singapura U-19 empat gol tak berbalas di Stadion Gelora Delta Sidarjo, Selasa (3/7) malam WIB.

Pesepak bola muda berusia 19 tahun itu melejit di bawah tangan dingin Peter Butler yang mempromosikannya ke tim utama Persipura Jayapura. Awalnya, dia tak terlalu dipandang, tapi perlahan penampilannya di lapangan membuatnya dipanggil ke Timnas U-19 Indonesia.

Todd Ferre tampil perdana di Liga 1 saat Persipura takluk 1-3 dari Arema FC, 27 April lalu. Todd Ferre sukses mencetak gol pada menit 90. Meski, golnya tak menyelamatkan Mutiara Hitam dari kekalahan.

Akan tetapi, penampilan puncaknya tercipta kala pemain kelahiran 15 Maret 1999 mencatatkan satu gol dan satu assist ketika Persipura menghempaskan Madura United enam gol tanpa balas pada 19 Mei lalu. Masuk pada menit 72 menggantikan Boaz Solossa, anak muda itu sukses mencatatkan namanya di papan skor. Tak cuma itu, Todd Ferre lantas membuat assist yang berbuah gol keenam buat Persipura pada laga pekan kesembilan Liga 1 2018.

Performa Todd Ferre sudah mengilap pada kompetisi Liga 1 U-19 2017 lalu. Dia bahkan terpilih sebagai pemain terbaik kompetisi dan mengoleksi lima gol. Tak hanya itu, Todd Ferre juga jadi pahlawan saat Persipura U-19 menang di final atas Persib U-19 berkat gol semata wayangnya.

Penampilan istimewanya bersama Mutiara Hitam akhirnya meluluhkan hati Indra Sjafri. Sang pelatih lantas memanggilnya untuk mengikuti seleksi jelang turnamen Piala AFF U-19 2018. Dia lolos dan kehadirannya sekaligus mengakhiri anggapan miring bahwa Indra Sjafri tak menyukai talenta pemain asal Papua.

Kepercayaan yang diberikan Indra Sjafri dijawab dengan tuntas oleh Todd Ferre. Masuk pada awal babak kedua menggantikan Samuel Christianson, dia sukses mencetak gol pada menit 80 setelah melewati dan mengecoh tiga pemain Singapura.

Pencinta sepak bola Indonesia tentu punya harapan besar untuk Todd Ferre. Diharapkan dia menjadi talenta Papua yang kembali cemerlang bersama Timnas U-19 maupun Timnas senior pada masa depan.

loading...